Maskapai Ini Bebas Covid-19, Benarkah?

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Jalur transportasi udara atau menggunakan Pesawat masih dianggap sebagai saluran utama penyebaran virus Corona. Berbagai maskapai menyodorkan aneka tawaran untuk meyakinkan penumpang, penerbangan bebas COVID-19 salah satunya.

Diberitakan CNN, traveler dapat memesan kursi dalam penerbangan yang dijamin tidak bakal tertular virus Corona. Adalah Alitalia yang menyediakannya.

Jaminan itu diberikan kepada penumpang untuk uji coba penerbangan antara Roma dan Milan. Penerbangan ini diidentifikasi dengan nama Covid-tested.

Syaratnya, setiap penumpang harus mengonfirmasi telah dites virus Corona dan hasilnya negatif. Tes COVID-19 itu dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum terbang dan sertifikat negatif itu dibawa ke bandara.

Atau, traveler mendapat tes dengan hasil negatif dari tes antigen cepat di fasilitas pengujian COVID-19 di bandara. Nantinya, calon penumpang mendapatkan jalur khusus untuk keamanan ekstra.

Tes COVID-19 saja tidak cukup untuk tiket penerbangannya. “Sebelum boarding, seorang dokter Kementerian Kelautan, Udara dan Perbatasan (USMAF) akan memeriksa keabsahan surat yang sudah dipegang penumpang,” Alitalia menyebutkan dalam sebuah pernyataan.

Saat ini, prosedur pengujian ini tidak jauh berbeda dari yang dilakukan kebanyakan maskapai di seluruh dunia. Tetapi memberi label pada penerbangan itu sebagai Covid-tested dapat memberikan ketenangan pikiran yang sangat dibutuhkan tiap penumpang yang merasa gelisah di setiap naik pesawat saat tengah pandemi ini.

Blog penerbangan, One Mile at a Time, mencatat bahwa beberapa dari penerbangan ini sudah tersedia untuk dipesan di situs web Alitalia. Harga tiketnya sama dengan penerbangan non Covid-tested yang melayani rute tersebut.

Bagi Alitalia, perusahaan tidak hanya ingin membuat penumpang merasa aman di pesawat. Awal bulan ini, Bandara Fiumicino (FCO) Roma diberi penghargaan bandara anti-COVID bintang lima pertama di Eropa dari badan pemeringkat penerbangan internasional Skytrax.

Maskapai Alitalia telah mengubah salah satu tempat parkirnya menjadi fasilitas pengujian COVID-19 berjalan. Pengujian itu tersedia untuk penumpang dan non-penumpang.