PSBB Ketat Jakarta, Ramai Dikunjungi Warga yang Berolahraga

Grahanusantara.co.id, Jakarta – PSBB yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta di pekan pertama masih ramai dikunjungi warga yang berolahraga dikawasan Sudirman.

Di sekitar kawasan fX Sudirman, Jakarta Pusat, pada Minggu (20/9/2020) pukul 07.30 WIB, masyarakat memadati kawasan ini untuk berolahraga. Kawasan ini lebih banyak dipadati oleh pesepeda dibandingkan pelari.

Meskipun jalanan basah akibat hujan tadi pagi, antara jalur pesepeda dengan kendaraan bermotor dibatasi oleh barrier oranye. Hal ini dilakukan agar kendaraan bermotor dan sepeda tidak bercampur aduk di jalan.

Pesepeda diarahkan melaju di jalur sebelah kiri, sementara kendaraan bermotor di sebelah kanan. Warga bersepeda dari arah Bundaran Senayan menuju Semanggi ataupun sebaliknya.

Sedangkan untuk pelari berolahraga di atas trotoar. Ketika lelah berolahraga, pesepeda maupun pelari beristirahat sejenak di atas trotoar yang menyebabkan terjadinya kerumunan.

Terpantau sejumlah warga masih datang sambil membawa balita di bawah 9 tahun. Ada yang bersepeda sambil membawa anak maupun berjalan menyusuri trotoar Sudirman.

Baca juga: KRL dari Jakarta Terakhir Pukul 19.00 WIB, Penumpang Harap Tak Ada Kepadatan

Seluruh warga yang menyambangi kawasan ini tampak memakai masker. Sambil beristirahat, warga mengabadikan momen bersama kerabat dengan berswafoto. Ada pula yang beristirahat sambil berbincang-bincang.

Aparat gabungan tampak berjaga terdiri dari TNI, kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Mereka tersebar di sekitar kawasan Sudirman untuk mengawasi aktivitas warga.

Diberitakan sebelumnya, DKI Jakarta sedang menjalani PSBB total di Ibu Kota. Pagi inipun, Pemprov DKI meniadakan kawasan khusus pesepeda.

Sepuluh titik yang ditiadakan Pemprov DKI itu tersebar di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Peniadaan kawasan khusus pesepeda ini sebagai tindak lanjut pemberlakuan PSBB di Ibu Kota, yang mulai berlaku pada 14 September 2020.

“Seiring dengan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta, pelaksanaan kawasan khusus pesepeda mulai 13 September 2020 ditiadakan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya pada Sabtu (12/9/2020).