Pengin Tau Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Anda?

Saat mengaktifkan smartphone Android yang baru saja anda beli, pastinya ada beberapa aplikasi bawaan (default) untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Seperti yang telah dihimpun dari Liputan6.

Namun, tak semua aplikasi bawaan Android memiliki fungsi yang lebih baik dari aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi default yang jarang digunakan hanya akan membuat sesak memori di smartphone anda. Serta, ujung-ujungnya smartphone anda menjadi lemot.

Kondisi lain, apabila anda memiliki lebih dari satu aplikasi yang memiliki fungsi sama, anda dapat memilih aplikasi Androis yang akan anda gunakan secara default.

Contohnya, jika anda memiliki beberapa aplikasi edit foto, anda dapat memilih yang akan anda gunakan untuk membuka foto.

Apakah anda penasaran?,  bagaimana cara menghapus dan mengatur aplikasi bawaan atau default di smartphone Android? Yuk, cari tahu caranya.

Sebagai catatan umum, ada beberapa langkah yang digunakan oleh Android 9 atau di atasnya. Demikian seperti dikutip dari laman Dukungan Google, Kamis (26/12/2019).

1. Buka menu Pengaturan (Settings).

2. Pilih Aplikasi & pemberitahuan (Apps & notifications).

3. Ketuk aplikasi yang tidak lagi anda inginkan sebagai default. Jika anda tidak menemukannya, ketuk Lihat Semua Aplikasi atau Info Aplikasi (See All Apps atau App Info).

4. Setelah itu, pilih Advanced dan Buka secara default, lalu Hapus default. Jika anda tidak menemukan ‘Advanced’, ketuk Buka secara default dan kemudian Hapus default.

5. Setelah menghapus default, ketika anda mengambil langkah itu lagi, smartphone akan menanyakan aplikasi mana yang akan digunakan.

Komentar