Berhubungan Intim Sebabkan Hepatitis? Begini Cara Mencegahnya

Grahanusantara.co.id – Salah satu cara penularan hepatitis adalah kontak seksual. Artinya, jika kamu berhubungan intim dengan pengidap hepatitis, besar kemungkinan kamu akan tertular. Itulah sebabnya penting untuk melakukan hubungan intim yang aman, terutama jika kamu atau pasangan terinfeksi hepatitis. Dengan begitu, risiko penularan dapat diminimalkan. 

Namun, pada beberapa kasus, pengidap hepatitis sering kali terlihat sehat-sehat saja. Jika ada gejala, biasanya berupa perubahan warna kulit dan bagian putih mata menjadi agar kuning, demam, hilangnya nafsu makan, dan nyeri sendi. Penting untuk saling terbuka dengan pasangan jika didiagnosis hepatitis atau berisiko tinggi mengalaminya.

Untuk mencegah penularan hepatitis melalui hubungan intim, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Bersikap terbuka pada pasangan dan akui jika kamu mengidap hepatitis.
  • Cari tahu juga risiko hepatitis pada pasangan dan ajak ia menjalani pemeriksaan kesehatan bersama.
  • Selalu gunakan kondom saat berhubungan intim, jika kamu atau pasangan mengidap hepatitis. Jika ingin menggunakan pelumas, pilih yang berbahan dasar air untuk mencegah robeknya kondom.
  • Hindari berhubungan seks saat mabuk, karena kamu jadi tidak bisa memiliki kontrol atas diri dan melakukan hubungan intim yang tidak bertanggung jawab. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan hepatitis lewat hubungan intim. Perlu diingat bahwa memahami pasangan dan penyakit hepatitis adalah hal penting yang perlu dilakukan. Lindungilah diri sendiri dan pasangan dari penyakit ini, dengan cara tidak melakukan hubungan intim dengan orang lain selain pasangan.