9 Tips Agar Penampilanmu Lebih Menarik Saat Bekerja

Seseorang bisa tampil menarik dari dari gaya hidup, pola pikir, tata krama berbicara, dan sikap. Hal ini menunjukkan bahwa tampil mengesankan tidak melulu harus ditunjukkan lewat barang bermerek yang digunakan sehari-hari maupun kebiasaan mengunjungi tempat kelas atas. Banyak orang kaya bisa tampil bak artis papan atas. Namun, hanya segelintir dari mereka yang bisa dikategorikan sebagai orang yang tampil dengan mengesankan.

Tampil berkesan sebenarnya tidak harus mengikuti penampilan orang lain, tapi berusaha untuk jadi diri sendiri.

Nah, biar penampilan Anda menarik saat bekerja, coba lakukan tips berikut ini :

1. Tampilah Elegan dan Jangan Norak
Tampil elegan di setiap kesempatan merupakan cara untuk menunjukkan kesan. Tidak hanya pakaian saja yang perlu diperhatikan, tapi juga sepatu, tas, aksesoris, gaya rambut, dan tata rias.

Tak harus senada, tapi setidaknya sesuai dan riasan tak menor. Tampil elegan bukan berarti harus menggunakan barang-barang branded dari desainer ternama.

Karena dengan barang biasa sekalipun, Anda juga bisa tampil elegan dengan syarat harus mampu memadumadankan apa yang akan dikenakan dengan baik.

2. Berbicaralah Melalui Kontak Mata
Melalui kontak mata, kita dapat mengetahui bahwa seseorang sedang marah, sedih, ataupun bahagia. Kontak mata dapat dijadikan sebagai isyarat untuk menunjukkan maksud tanpa harus berbicara.

Jangan ragu untuk menggunakan kontak mata agar terlihat lebih elegan di depan semua orang. Namun ingat, kontak mata yang diciptakan harus dengan maksud baik, bukan untuk tujuan lain.

3. Memerhatikan Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh sering dikaitkan dengan pembawaan diri. Agar terlihat lebih berkesan, gunakan bahasa tubuh yang tepat di setiap kesempatan, baik saat berjalan, berbicara, maupun sedang makan. Tunjukkan bahasa tubuh yang elegan agar orang di sekitar merasa terkesan dengan kehadiran Anda.

4. Memerhatikan Pilihan Kata Saat Berbicara
Orang berkelas tidak berbicara asal-asalan, tapi memerhatikan setiap kosakata yang keluar dari mulutnya. Hal ini terlihat sangat jelas saat sedang menghadapi masalah. Hindari menghadapi masalah dengan emosi yang tinggi atau bahkan mengeluarkan kata-kata kasar. Hadapi masalah tersebut dengan tenang dan cerdas agar masalah tersebut cepat terselesaikan.

5. Menjaga Tingkah Laku
Di mana pun kita berada, kita harus mampu menyesuaikan diri dengan baik sehingga dapat bertingkah laku dengan baik pula. Saat diundang dalam rapat penting, orang-orang tampak berkesan di hadapan banyak orang karena lebih banyak mendengar dan akan berbicara pada saat dibutuhkan saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga sikap.

6. Bekali Diri dengan Wawasan Luas
Berkesan lewat penampilan saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan wawasan yang luas. Orang yang berwawasan luas mengetahui beberapa beritayang sedang hangat diperbincangkan di seluruh dunia.
Informasi yang didapatkan nantinya akan dibagikan ke dalam forum diskusi dengan rangkaian kata-kata yang menarik dan enak didengar agar dirinya terlihat berkelas di hadapan banyak orang.

7. Jangan Lupa untuk Mencintai Diri Sendiri
Ingin tampil berkesan? Mulailah mencintai diri sendiri terlebih dulu. Sebab dengan mencintai diri sendiri, Anda jadi lebih mampu untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

8. Bergaullah dengan Orang-Orang yang Berpikiran Maju
Berteman dengan orang-orang yang berpikiran maju secara otomatis akan memengaruhi gaya hidup, pola pikir, sikap, dan gaya berbicara. Prioritaskan diri kepada orang-orang yang berpikiran maju agar pola pikir Anda lebih open atau terbuka terhadap hal-hal baru.

9. Pancarkan Aura Positif

Jauhi sifat sombong dan egois. Pancarkan aura positif dengan memelihara sifat rendah hati dan ramah.