Negara Kaya di Daratan Jazirah Arab

Grahanusantara.co.id – Banyak orang yang masih beranggapan kalau negara-negara maju hanya ada di Eropa atau sebagian kecil ada di Asia seperti Cina, Jepang dan Korea.

Akan tetapi, jika kita membuka mata lebih luas lagi. Negara di jazirah Arab jauh dari pandangan ‘Gurun Pasir Saja’, faktanya negara-negara berikut ini dapat membelalakkan mata kita dengan kemewahan dan kekayaan yang mereka miliki.

Berikut daftar negara jazirah Arab dengan kekayaan yang luar biasa:

Qatar

Qatar merupakan negara yang berada di kawasan Timur Tengah tepatnya di Semenanjung Arab yaitu Teluk Persia. Negara ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Kondisi alam di Qatar sebagian besar didominasi oleh gurun yang tandus dan dahulu warganya bekerja sebagai peternak unta dan mencari kerang mutiara dan ikan.

Negara ini menjadi negara islam terkaya sejak tahun 2011. Hal ini dikarenakan produksi pertambangan minyak dan gas alamnya yang melimpah hingga bisa supply ke Amerika Serikat. Konon, dahulu Qatar adalah negara miskin, hingga pada tahun 1939 terdapat penemuan minyak di bawah tanah wilayah Qatar sehingga membuat posisi Qatar berubah dari negara miskin menjadi negara yang kaya. Qatar menghasilkan pendapatan perkapita 93.965 USD dengan PDB atau Produk Domestik Bruto 210.002 milyar USD.

Uni Emirat Arab

Hampir sama dengan Qatar, Uni Emirat Arab kondisi lingkungannya juga berupa gurun yang gersang dan memiliki sunber daya alam berupa minyak dan gas bumi. Negara ini memiliki Burj Khalifah yang merupakan gedung tertinggi di dunia. Dulunya juga negara ini adalah negara yang miskin, tetapi sejak ditemukannya minyak dan gas bumi kehidupan di Uni Emirat Arab menjadi lebih baik. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita 44.770 USD dan PDB 440.181 milyar USD.

Kuwait

Produksi minyak di Kuwait mencapai sekitar 104 juta barel dan merupakan 10% pemiliki cadangan minyak mentah dunia. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita sebesar 43.103  USD dan PDB 172.350 milyar USD. Kuwait adalah negara di Timur Tengah yang cadangan minyaknya berada di pesisir Teluk Persia. Berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak. Penduduk di Kuwait mayoritas adalah muslim dan jumlahnya mencapai 4 juta jiwa

Bahrain

Kebanyakan negara-negara yang kaya adalah negara yang memiliki sumber daya alam minyak dan gas bumi. Sama halnya seperti Bahrain yang memiliki kekayaan minyak dan gas. Kondisi alam di Bahrain juga didominasi oleh gurun. Bahrain memperoleh kekayaannya dari pengolahan minyak dan gas bumi. Bahrain memiliki pendapatan perkapita sebesar 28.272 USD dan PDB 33.862 milyar USD. Komposisi pemeluk agama di Bahrain adalah 81% muslim, 9% Kristen, 9,8% lain-lain. Selain itu, Bahrain menempati posisi ke-25 untuk ekonomi paling bebas di dunia.

Arab Saudi

Salah satu gurun yang terkenal di Arab Saudi adalah Gurun Sahara dengan pasir dan terik mataharinya yang panas. Di negara ini juga umat muslim setiap tahunnya menunaikan ibadah haji yaitu di Kota Mekah dan Madinah. Perekonomian Arab Saudi terbilang cukup bagus dan meningkat. Pendapatan perkapita yang bisa dihasilkan oleh Arab Saudi adalah sebesar 24.454 USD dan PDB 752.459 miyar USD. Sumber pendapatan ini diperoleh dari pengolahan minyak bumi dan petrokimianya. Selain itu, devisa yang didapat dari orang-orang yang melaksanakan haji juga turut menyumbang pendapatan negara.

Oman

Pendapatan perkapita Oman adalah sebesar 19.002 USD dan PDB nya adalah 77.755 milyar USD. Hal ini karena Oman melakukan pengolahan minyak dan gas bumi. Cadangan minyaknya mencapai 5,5 milyar barel dan produksi minyak setiap harinya sebesar 800.000 barel. Oman juga memiliki kawasan pantai yang indah. Lokasi Oman berada di pesisir tenggara Jazirah Arab dan berbatasan dengan Arab Saudi di bagian barat.

Iran

Iran terkenal dengan sistem militernya yang kuat dan berjumlah 1.950.000 tentara. Hampir setengah dari wilayah Iran memiliki iklim gurun yang panas. Iran sendiri mempunyai cadangan minyak dari Teluk Persia sebesar 125 milyar barel. Pendapatan perkapita Iran adalah 4.763 USD dan menempati urutan ke-99 dari seluruh negara di dunia.

Baca juga: https://www.grahanusantara.co.id/4667/2020/07/26/dari-negara-nelayan-sampai-pengekspor-minyak-inilah-negara-qatar-tuan-rumah-piala-dunia-2022/