oleh

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga tidak hanya memiliki tampilan dan rasa yang menarik. Namun, dengan kandungan gizi berlimpah di dalamnya, buah naga juga mampu memberikan beragam khasiat berharga untuk kesehatan. 

Berikut manfaat yang terkandung dalam buat naga:

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Khasiat buah naga yang pertama adalah membuat sistem imun tubuh yang menjadi lebih kuat. Daya tahan tubuh akan bertambah karena kombinasi nutrisi yang terkandung dalam buah naga tersebut. 

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini juga mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan lebih baik. Baik luka yang berada di kulit maupun di dalam tubuh, proses penyembuhannya akan menjadi lebih cepat saat sering mengonsumsi buah naga.

Mampu Memperkecil Risiko Kanker

Buah naga identik sebagai buah yang memiliki warna dasar merah. Sama halnya dengan buah berwarna merah lainnya, buah naga memiliki suatu kandungan yang disebut dengan lycopene. Nutrisi inilah yang memberi warna kemerahan pada buah naga maupun buah-buahan lainnya dengan warna serupa.

Ternyata, fungsi dari lycopene tersebut bukanlah untuk memberi warna merah segar pada buah saja. Namun, sudah terbukti bahwa kandungan tersebut mampu menurunkan risiko tubuh terkena penyakit kanker prostat. Pasalnya, lycopene merupakan salah satu jenis dari antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Bukan hanya lycopene, beberapa kandungan gizi lain, seperti vitamin B2 dan vitamin C, serat, fosfor, dan kalsium pada buah unik ini juga mampu membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Berbeda dengan lycopene, kandungan buah naga tersebut mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan racun berupa logam yang juga berpotensi menjadi sel kanker. Jadi, mengonsumsi buah naga merah secara rutin dapat memberi tubuh beragam nutrisi yang berguna untuk mengeluarkan racun penyebab kanker.

Cocok Dijadikan Konsumsi Semasa Diet 

Bagi yang sedang menjalani program diet atau berencana untuk menurunkan berat badan, buah naga dapat menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi. Pasalnya, buah ini termasuk sebagai salah satu makanan rendah kalori, namun kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jadi, perut akan lebih lama terasa kenyang dengan hanya mengonsumsi buah naga saja. 

Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu sistem pencernaan untuk bisa bekerja dengan lebih lancar. Saat kinerja pencernaan tidak terganggu, tubuh akan lebih mudah mengeluarkan nutrisi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan begitu, berat badan akan lebih mudah berkurang dan tubuh menjadi lebih ideal. 

Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Stabil 

Kandungan lycopene pada buah ini tidak hanya berguna untuk mengurangi risiko terjadinya kanker dalam tubuh. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat dicegah saat tubuh mendapatkan kandungan tersebut. 

Dengan stabilnya tekanan darah, risiko untuk terjangkit penyakit paling mematikan yaitu penyakit jantung akan menjadi semakin kecil pula. Belum lagi biji buah naga juga banyak mengandung lemak omega 3 serta omega 6. Kedua kandungan lemak baik tersebut dapat membantu tubuh untuk menurunkan masalah kardiovaskular yang mampu memicu munculnya penyakit jantung. 

Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan 

Fiber atau serat menjadi salah satu kandungan paling tinggi yang dimiliki oleh buah naga. Karenanya, buah naga mempunyai khasiat untuk menyehatkan saluran pencernaan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin muncul pada organ tersebut. 

Beberapa jenis gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi buah naga. Daging buah naga yang banyak memiliki kandungan protein baik juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. 

Meredakan Batuk serta Asma 

Karena jumlahnya yang banyak dan menjadi satu dengan dagingnya, semua orang yang mengonsumsi buah naga pasti sekaligus memakan biji buahnya. Hal ini nyatanya malah dapat memberi manfaat tambahan yang bisa diberikan oleh buah tersebut.

Biji buah naga ternyata kaya dengan kandungan lemak omega 3 dan 6. Kedua kandungan lemak baik tersebut dapat meredakan gangguan respirasi, sebagai contoh, batuk yang susah disembuhkan dan juga asma. Meski tidak sepenuhnya berperan sebagai obat yang bisa menyembuhkan, mengonsumsi buah naga merah, putih, atau jenis lainnya terbukti mampu meredakan kedua masalah kesehatan tersebut. 

Memberi Banyak Nutrisi untuk Ibu Hamil

Dari sekian banyak manfaat buah naga, hampir semuanya amat penting bagi ibu yang sedang mengandung. Sebagai contoh, buah naga mampu membuat tekanan dan kadar gula darah dalam tubuh senantiasa stabil, yang mana kedua kondisi tubuh tersebut rentan untuk terganggu semasa kehamilan. 

Ibu hamil juga berisiko cukup tinggi mengalami anemia. Mengonsumsi buah naga dapat menjadi cara alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut karena tinggi akan kandungan zat besi sebagai bahan dasar memproduksi sel darah merah. Daya tahan tubuh si calon ibu juga dapat ditingkatkan karena buah ini mengandung cukup banyak vitamin C.

Keharusan ibu hamil untuk memberikan nutrisi, tidak hanya untuk dirinya, namun juga si calon bayi menjadikan buah naga yang mengandung banyak gizi sangat cocok untuk dikonsumsi. Kebutuhan tenaga dan energi, serta nutrisi untuk menjaga tumbuh kembang bayi, seperti tulang dan gigi, dapat terakomodir dengan rutin memakan buah naga. 

Cocok Dikonsumsi oleh Mereka yang Ingin Menambah Nafsu Makan

Dua nutrisi dari buah naga yang tidak boleh dilewatkan adalah vitamin B1 dan vitamin B2-nya. Kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan nafsu makan, khususnya pada anak-anak.

Meski bertolak belakang dengan khasiat buah naga sebagai konsumsi untuk diet, memakan buah ini memang sebenarnya sudah cukup untuk memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karenanya, kesulitan makan yang biasanya terjadi pada anak-anak dapat disiasati dengan memberikan buah berkulit unik ini sebagai pengganti makanan pada umumnya.

Kaya Akan Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Sudah banyak dipahami jika gigi dan tulang akan menjadi lebih sehat saat sering mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium. Nah, kalsium adalah salah satu kandungan yang banyak dimiliki oleh buah naga sehingga dengan mengonsumsinya dapat membantu proses pertumbuhan dan menyehatkan tulang. 

Tidak berhenti sampai di situ, buah naga juga memiliki nutrisi berupa zat besi dan juga fosfor yang dapat melancarkan peredaran darah serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih berada pada usia pertumbuhan, maksimalkan tumbuh kembang tubuh dengan banyak memakan makanan yang mengandung kalsium, seperti buah naga. 

Dapat Menekan Risiko Serangan Diabetes

Kebiasaan sehari dan pola hidup yang buruk tak jarang dilakukan oleh masyarakat masa kini. Karenanya, tak sedikit masyarakat yang menderita penyakit diabetes karena kurang memerhatikan makanan yang dikonsumsi serta jarang berolahraga.

Untuk menjauhkan diri dari risiko penyakit mematikan tersebut, buah naga bisa menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, buah naga mengandung sedikit kadar gula meski mampu memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bersamaan dengan khasiatnya yang mampu memberi rasa kenyang lebih lama, buah naga menjadi cara terbaik untuk menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit diabetes.