3 Tips Jitu Mengatasi Hutang, Ada Perhitungannya Loh!

Grahanusantara.co.id – Hutang merupakan salah satu hal yang tidak diinginkan setiap orang dan bahkan menjadi masalah finansial yang besar.

Ulasan kali ini akan membahas tips jitu cara mengatasi hutang!

Buat daftar utang, lalu lunasi berdasarkan skala prioritas

Pertama-tama, buat daftar utang dari yang paling besar sampai paling kecil. Kemudian, lunasi satu per satu berdasarkan skala priotitas. Misalnya, lunasi utang yang memiliki bunga paling besar dahulu.

Selama proses pelunasan, hindari pengeluaran-pengeluaran tersier. Ingat, menuruti gaya hidup tidak akan ada habisnya. Tahan dulu untuk jajan kopi kekinian, nongkrong di kafe, atau liburan. Membayar utang adalah prioritasmu saat ini!

Pastikan besaran total utang tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan

Menurut Perencana Keuangan, Prita Ghozie, utang masih bisa dikategorikan sehat apabila tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan. Dengan demikian, kamu masih bisa mengalokasikan penghasilanmu untuk kebutuhan lain.

Apabila utang yang kamu miliki lebih dari 30 persen dan mengganggu cash flow keuangan, segera evaluasi. Lunasi utangmu tanpa membuka utang baru.

Buat alokasi anggaran tiap bulan

Untuk kamu yang bergaji UMP, lakukan metode commitment budgeting setiap kali menerima gaji, yaitu 75 persen untuk kebutuhan sehari-hari dan 25 persen untuk tabungan atau investasi. Apabila penghasilan kamu sudah di atas UMP hingga double digit, kamu bisa pakai metode simple budgeting. Caranya kamu bisa alokasikan 50 persen gaji untuk biaya hidup, 30 persen untuk tabungan atau investasi, dan 20 persen untuk gaya hidup.