oleh

Cegah Covid-19 di Sekolah dengan AI Camera, Absensi Siswa Tanpa Harus Pakai Sidik Jari

Grahanusantara.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarin belum mengizinkan sekolah diluar zona hijau untuk aktif kembali bertatap muka. Tentunya hal tersebut demi menjaga kesehatan para peserta didik ditengah wabah pandemic Covid-19.

Disisi lain, banyak para wali murid mengeluhkan pembelajaran full dalam jaringan (daring) kurang optimal, serta dikhawatirkan menimbulkan rasa malas dan cenderung kurang produktif dikalangan peserta didik.

Melihat hal tersebut, tentu peran pemerintah menjadi sangat vital untuk menentukan kebijakan mengenai kelanjutan dunia pendidikan yang tentunya tidak melupakan kesehatan para siswa dan siswi, mulai dari sosial distancing dan hal-hal yang meliputi itu.

Student Care sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kemajuan teknologi pendidikan seakan memberi solusi jitu, tentang pentingnya menjaga jarak atau social distancing ditengah krisis kesehatan ini, dengan mengeluarkan sebuah produk AI Camera The Face Recognition.

Sebuah kamera pintar yang difungsikan sebagai media absensi untuk siswa, dimana nantinya siswa hanya perlu melewati kamera tersebut dengan otomatis akan terabsensi dan sistem akan mengirimkan pelaporan kepada sekolah, juga para wali murid secara real time, serta data base dapat digunakan untuk keperluan sekolah sesuai kebutuhan.

“AI Camera The Face Recognition ini berfungsi sebagai kamera absensi, tidak hanya itu produk ini juga diperuntukan untuk keselamatan dan pengawasan siswa di Sekolah. Seperti, menghindari siswa bolos ataupun penculikan anak yang kadang marak terjadi setelah pulang sekolah, AI Camera ini mengirim laporan secara real picture atau foto asli ke sekolah dan ponsel orangtua murid di waktu yang sama atau real time,” pungkas Product Consultant Student Care, dalam keterangan tertulisnya (19/06).

AI Camera ini pun dilengkapi dengan sistem yang berbasis cloud diperuntukan sekolah guna menunjang kegiatan belajar dan mengajar dalam jaringan, dengan pengaturan dan sistem yang mudah untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan sekolah.

“AI Camera ditopang dengan sistem cloud yang mempuni, tentunya untuk membantu guru mengajar dan memberikan pekerjaan rumah (PR) para siswa, dan sistem ini sudah tinggal pakai sesuai kebutuhan sekolah, intinya gak repot” sambungnya.