September 2024, 6000 ASN akan Pindah ke IKN

Graha Nusantara, Jakarta – Pada September 2024 mendatang 6.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) juga telah memiliki daftar nama-nama pejabat eselon I dan II di tiap kementerian dan lembaga (K/L) yang harus berangkat ke IKN Nusantara.

“Kita sudah siapkan (nama-nama pejabat yang pindah ke IKN), kita sudah address, eselon I di kementerian siapa, eselon II siapa, sudah jelas,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Senin (26/2/2034).

Azwar lantas menerangkan, 6.000 PNS dipastikan berangkat ke IKN. Angka 6.000 PNS merujuk pada dengan kesiapan tempat alias rusun yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Para PNS terdiri dari berbagai K/L termasuk TNI dan Polri.

“Kurang lebih 6 ribu. Ini menyesuaikan penyelesaian tower-tower. Tentu (jumlah yang berangkat) akan berkembang lagi,” terangnya.

Azwar mengungkapkan rencananya waktu keberangkatan adalah September 2024. Hal tersebut menyesuaikan arahan terbaru dari Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno kepadanya.

“Insyallah nanti sebelum Oktober, kira-kira September karena di Agustus nanti masih akan digunakan untuk upacara, sehingga sebagian apartemen yang tersedia untuk keperluan (upacara 17) Agustus. Tapi sebelum Agustus OIKN tentu sudah ada di sana,” tandasnya.