Hadi serta AHY Resmi Jadi Menko Polhukam dan Menteri ATR!

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju. Keduanya adalah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024) pukul 11.00 WIB. Jokowi memimpin langsung pelantikan tersebut.

Prosesi pelantikan bermula dengan pembacaan Keputusan Presiden. Jokowi lantas mengambil sumpah dan janji jabatan menteri dan diikuti Hadi Tjahjanto dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Selepasnya, prosesi pelantikan berlanjut dengan penandatanganan berita acara. Mulanya Hadi adalah Menteri ATR.

Hadi diangkat sebagai Menko Polhukam dalam rangka menggantikan posisi Mahfud Md yang mundur karena menjadi cawapres pada Pemilu 2024. Sedangkan, AHY akan menduduki posisi yang Hadi tinggalkan di Kementerian ATR.