Ramah Mobil Listrik, Aspal Tol di IKN akan Dibuat Mampu Ngecas Mobil Listrik Sambil Jalan!

Graha Nusantara, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang merancang bermacam-macam infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya yaitu jalanan yang mampu melakukan pengecasan mobil listrik.

Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) menyampaikan, jalan tol di IKN dapat dibekali teknologi pengisian daya baterai mobil listrik. Aspal jalan tol dapat ngecas mobil listrik sambil jalan.

“Jadi sudah aspal ada lapisan tertentu lah atau di parking area. Jadi namanya, itu sudah dijalankan di beberapa negara Eropa uji coba untuk mendukung orang sambil jalan bisa nge-charge di tol,” ucap Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga.

Teknologi tersebut sedang diuji coba di negara-negara kawasan Eropa. Tetapi, hal tersebut masih berupa konsep oleh karena itu belum tersebut implementasinya.

“Penerapan teknologi jalan yang dapat mengisi ulang daya mobil listrik di tol IKN tersebut masih berupa konsep dan penerapannya dilakukan secara bertahap,” ujar Danis.

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna mobil listrik untuk menambah daya jangkau baterainya tanpa harus berhenti di SPKLU. Jalan tol itu memiliki lapisan tertentu yang memungkinkan transfer energi ke kendaraan listrik.

“Tadinya di tol di mana nantinya kita coba satu segmen. Jadi setelah dilakukan pengaspalan, nantinya ada pemasangan lapisan tertentu di jalan tol,” ujarnya.

Teknologi tersebut juga bisa dan akan diujicobakan pada area parkir.

Lebih lanjut, Danis menyampaikan terdapat beberapa sejumlah ruas Tol IKN yang siap dijajal Agustus 2024. Ruas itu diantaranya seksi 5A, 3A, dan 3B.