oleh

FIFA Izinkan Bursa Transfer Dibuka

Grahanusantara.co.id – Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) izinkan jendela transfer dibuka sebelum musim 2019/2020 selesai.

“Demi menepis kekhawatiran terkait pemain yang menganggur, pemain diperbolehkan terdaftar untuk maksimum tiga klub dan boleh bermain di pertandingan resmi untuk tiga klub di musim yang sama,” tulis pernyataan di laman resmi FIFA.

Pengubahan aturan ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang mengacaukan kalender liga-liga domestik. Kebanyakan kontrak pemain juga mengikuti format jendela transfer musim panas-musim dingin dan berakhir pada bulan Juni 2020.

Jelang pemutaran kembali liga-liga domestik pada bulan ini, sejumlah liga telah memperbolehkan perpanjangan darurat untuk kontrak pemain yang berakhir pada Juni 2020.

Meski demikian, para pemain masih menghadapi ketidakpastian soal jendela transfer 2020/2021, sampai FIFA mengumumkan keputusan perubahan peraturan di atas.

“Agar klub menyelesaikan musim 2019/2020 dengan skuad aslinya, menyediakan fleksibiltas, dan mengizinkan asosiasi anggota [FIFA] merencanakan kalender sepak bola dengan benar, asosiasi-asosiasi yang mengikuti kalender 2 tahunan diizinkan memulai ‘periode pertama registrasi’ musim 2020/2021 saat menjelang berakhirnya musim 2019/2020, bergantung kondisi tertentu,” demikian pernyataan FIFA.