KPK akan Gelar Adu Gagasan untuk Capres, TKN Prabowo: Kami Usul Buat Pakta Integritas

Graha Nusantara, Jakarta – KPK memiliki rencana untuk membuat sebuah forum khusus bagi capres beradu gagasan mengenai pemberantasan korupsi. Direktur Jubir TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Viva Yoga Mauladi, menyampaikan pencegahan, pemberantasan dan penindakan korupsi adalah salah satu visi misi Prabowo-Gibran.

“TKN Prabowo Gibran mengapresiasi dan gembira atas ide KPK yang akan mengundang tiga paslon capres cawapres untuk berdiskusi tentang tema antikorupsi,” ujar Viva, Kamis (14/12/2023).

“Topik pencegahan, pemberantasan, dan penindakan korupsi adalah salah satu visi dan program Prabowo Gibran untuk ditunaikan jika mendapatkan mandat dari rakyat sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Pilpres 2024,” tambah Viva.

Viva menuturkan korupsi adalah virus untuk bangsa. Viva menilai nilai demokrasi sampai fungsi pelayanan akan mati karena korupsi.

“Korupsi adalah penyelewengan, penggelapan, atau penyalahgunaan uang negara untuk keperluan pribadi atau kelompok. Korupsi adalah virus yang membawa penyakit bagi bangsa. Sistem meritokrasi, nilai demokrasi, dan fungsi pelayanan publik dalam tubuh pemerintahan akan mati. Dalam titik kronis, nilai keadilan dan harkat martabat kemanusiaan akan lenyap digerogoti ganasnya penyakit korupsi,” ujarnya.

Viva kemudian menyampaikan pihaknya mengusulkan agar KPK tak hanya melangsungkan adu gagasan. Tetapi, menandatangani pakta integritas yang isinya paslon terpilih wajib memperjuangkan pemberantasan korupsi.

“TKN mengusulkan kepada KPK tidak sekedar diskusi tentang pencegahan, pemberantasan, dan penindakan korupsi saja. Kalau diperbolehkan atau disetujui seluruh paslon menandatangi pakta integritas sebagai dokumen etika dan moral bahwa paslon terpilih wajib menjalankan program sepenuh hati dan sungguh-sungguh untuk berjuang agar langit Indonesia menjadi biru dan bersih, tidak tertutup awan gelap korupsi,” ujar Viva.

Sebelumnya, Nurul Ghufron yang merupakan Wakil Ketua KPK berujar KPK akan membuat forum khusus bagi capres yang bertarung di Pilpres 2024. KPK akan melangsungkan adu gagasan pemberantasan korupsi.

“Kita akan mengundang, kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi,” ujar Nurul Ghufron, Kamis (14/12).

Ghufron menyampaikan KPK akan mengawal secara serius mengenai gagasan isu antikorupsi yang disampaikan tiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Ghufron membagikan kegiatan adu gagasan tersebut rencananya akan berlangsung pada Januari 2024.

“KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi, kita akan mengundang di sekitar awal atau pun pertengahan Januari,” ujarnya.