Pesan di WhatsApp Kini Bisa di Pin Agar Berada di Atas Chat, Ini Caranya!

Graha Nusantara, Jakarta – WhatsApp kembali meluncurkan fitur terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk pin atau menyematkan pesan di bagian paling atas chat. Fitur ini tersedia bagi chat individu dan grup.

Fitur ini bukanlah fitur yang meletakan tiga chat pada bagian teratas daftar chat. Namun fitur ini menaruh pesan yang ada pada chat di bagian teratas chat.

WhatsApp menyampaikan pengguna dapat pin pesan apa saja, mulai dari teks, polling, foto, dan emoji. Namun, pengguna hanya dapat pin satu pesan dalam satu waktu.

Fitur baru ini sangat berguna, misalnya jika kalian mengunjungi rumah teman untuk pertama kalinya dan kalian bisa pin pesan yang berisi alamat teman kalian agar tidak perlu scrolling jauh-jauh mencari pesannya. Atau bisa juga untuk menyematkan pesan penting seperti pengumuman di grup, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (13/12/2023).

Berikut langkah menggunakan pin pesan di chat WhatsApp:
• Pastikan aplikasi WhatsApp di perangkat kalian sudah menjalankan versi terbaru
• Buka chat individu atau grup
• Pilih pesan yang ingin di-pin lalu tekan dan tahan
• Ketuk menu dengan ikon tiga titik vertikal lalu pilih Sematkan
• Pilih durasi berapa lama pesan akan disematkan: 24 jam, 7 hari (pilihan default), atau 30 hari
• Ketuk Sematkan dan selesai.
• Pengguna WhatsApp juga bisa melepas sematan sebelum durasi yang ditetapkan habis. Caranya ketuk dan tahan pesan yang disematkan, lalu pilih opsi ‘Lepas sematan chat’.

Khusus bagi di grup, admin dapat memilih untuk mengizinkan anggota agar bisa menyematkan pesan di grup atau hanya admin saja yang dapat melakukannya.

Pengguna tak dapat melihat pesan yang disematkan apabila mereka bergabung ke grup selepas pesan yang disematkan dikirim, kehilangan atau menghapus riwayat chat, atau menghapus pesan tersebut sebelum disematkan.

Fitur ini tersedia bagi WhatsApp di Android, iOS, web, dan desktop. Fitur ini tersedia secara bertahap dan akan hadir bagi seluruh pengguna dalam beberapa pekan ke depan.