Erick Thohir Jadi Ketua Lakpesdam, Ketum PBNU: Sangat Berpengalaman

Graha Nusantara, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir kini nenjadi bagian dari struktur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf sudah resmi menunjuk Erick Thohir menjadi Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

“Saya sudah menandatangani SK baru, dan ketua Lakpesdamnya sudah berganti. Ketua Lakpesdam Erick Thohir,” ujar Yahya, dikutip dari situs resmi NU pada Minggu (3/12/2023).

Penunjukan Erick ini menjadikannya menggantikan posisi Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali yang sebelumnya adalah Ketua Lakpesdam PBNU.

Yahya berharap rotasi pemimpin ini bisa memberikan energi baru dalam mengembangkan operasional NU melalui peran Lakpesdam PBNU.

“Karena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU dan Pak Erick orang yang sangat berpengalaman, mempunyai track record kinerja yang bagus sekali dalam soal itu,” ujar Yahya.

Lebih lanjut, dirinya membagikan bila Erick Thohir telah bersedia mengubah Lakpesdam PBNU menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)-nya PBNU.

“Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” ujarnya.

Diketahui, Erick dekat dengan Yahya Staquf sejak menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), 28 November 2021.

Yahya adalah kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Pada saat itu, Erick disebut telah mengikuti semua rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar yang terdiri dari jalan jongkok, merayap, mencari baret, sampai meneriakkan yel-yel.

Lebih lanjut, Erick pernah dipercaya menjadi Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bertajuk “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” pada tahun lalu.

Ketika itu, Erick bersama Yenny Wahid yang bertugas menjadi Ketua Organizing Committee (Panitia Pelaksana).