Daftar Fitur Terbaru One UI 6 dan Cara Meng-Install-nya

Graha Nusantara, Jakarta – One UI 6 kini mulai dapat dinikmati oleh pengguna Galaxy S23, S23 Plus dan S23 Ultra. Versi terbaru antarmuka pengguna Samsung ini berbasiskan Android 14.

Terdapat sejumlah pembaharuan pada versi terbaru ini seperti desain baru dengan font default anyar, ikon baru, label ikon yang lebih sederhana, dan cara untuk memperbesar jam layar kunci atau mengubah posisinya. Selain itu, Samsung turut memberikan peningkatan aplikasi kamera Galaxy yang kini didukung AI untuk meningkatkan pengalaman fotografi dan videografi pengguna.

Fitur Baru One UI 6

  • Personalisasi: Anda dapat membuat layar kunci sendiri dengan menyesuaikan ukuran, warna, dan posisi jam. Anda juga dapat menjelajahi berbagai opsi Flex Window dan Layar Jam untuk menemukan tampilan yang sesuai dengan gaya.
  • Aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X untuk menyempurnakan foto dan video. Anda dapat melihat panduan langit, menghilangkan keburaman yang disebabkan oleh sidik jari pada lensa kamera, serta membuat slow-mo dan long exposure.
  • Pengeditan AI: Anda dapat memanfaatkan fitur pengeditan AI seperti meningkatkan kualitas gambar, menghapus objek yang tidak perlu, dan mengedit latar belakang buram. Fitur pengeditan AI direkomendasikan berdasarkan gambar atau video yang Anda lihat dan dikumpulkan di satu tempat.
  • Pemindaian Dokumen dengan mudah. Ini berkat teknologi AI mendeteksi foto dokumen dan memungkinkan pengeditan cepat, termasuk memutar dan menghilangkan jari dari frame.
  • Kliping Gambar AI: Sekarang, saat Anda memotong objek dari gambar, Anda dapat langsung menyimpannya sebagai stiker yang kemudian dapat ditambahkan ke foto dan video lain kapan pun Anda mau.
  • Berbagi langsung: Anda dapat menonton video, bermain game, serta mengedit catatan bersama dengan teman dan rekan kerja secara real time dengan berbagi langsung dengan Google Meet.
  • Akun anak Galaxy untuk keluarga: Anda dapat membuat akun anak yang memungkinkan anak Anda menjelajahi bentangan luas Samsung Galaxy – dan Anda selalu dapat memeriksanya, mulai aktivitas ponsel pintar hingga lokasi fisik mereka secara real time.
  • Panggilan teks Bixby: Anda dapat menerima dan menjawab panggilan telepon melalui teks dengan Bixby yang dapat mengubah percakapan suara menjadi format obrolan.
  • Pemblokir Otomatis: Anda dapat memblokir aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dan perintah berbahaya yang dikirim melalui kabel USB, dan mendapatkan pemeriksaan ekstra pada aktivitas mencurigakan.

Cara Install One UI 6

  1. Cadangkan Data: Sebelum install disarankan untuk mencadangkan data dan file penting untuk menghindari kemungkinan kehilangan data selama proses instalasi
  2. Koneksikan perangkat ke WiFi
  3. Buka pengaturan dan Settings di Galaxy S23, S23 Plus dan S23 Ultra
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan Software Update dan klik opsi tersebut.
  5. Klik Download and Install
  6. Ikuti instruksi Samsung selama proses instalasi berlangsung