Jokowi: Listrik di IKN Harus Selalu Tercukupi!

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memiliki kapasitas 50 megawatt (MW) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada sore hari ini. Pada pidatonya, Jokowi memberikan dua pesan.

Jokowi menuturkan, pertama, listrik di IKN haruslah selalu tercukupi.

“Tadi Pak Dirut menyampaikan ‘Pak ini masih ada kapasitas yang bisa dinaikkan kalau memang masih dibutuhkan’. Nggak apa-apa pelan-pelan tapi kebutuhan selalu tercukupi, yang paling penting itu. Kebutuhan selalu tercukupi, yang pertama,” ujarnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (2/10/2023).

Kedua, Jokowi menyampaikan kabel tidak boleh terlihat di IKN. Jokowi ingin seluruh kabel berada di dalam tanah.

“Yang kedua yang saya minta sejak awal kabelnya jangan kelihatan mata, harus semua ground cable, dimasukkan ke ducting di bawah tanah. Masa kita masih membangun ibu kota yang bagus seperti ini masih kabelnya di atas,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan, PLTS ini akan memproduksi energi hijau kurang lebih 93 gigawatt hours per tahun. Selain itu, bisa mengurangi emisi sebesar 104 ribu ton CO2 per tahun.

Lebih lanjut, keberadaan pembangunan PLTS ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menyiapkan sistem kelistrikan yang handal berbasis pada energi ramah lingkungan.

“Pemanfaatan EBT di IKN selaras dengan konsep pembangunan IKN sebagai ibu kota negara yang berkonsep forest city yang hijau dan ramah lingkungan,” ucapnya.