KAI: Jadwal Kereta Line Bogor-Jakarta Kota Berubah Mulai Hari Ini

Graha Nusantara, Jakarta – PT KAI Commuter bersama KAI Daop 1 Jakarta akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 mulai hari ini. Penerapan GAPEKA 2023 tersebut akan berefek pada jadwal perjalan KRL rute Bogor-Jakarta Kota.

“KAI Commuter bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta memberlakukan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 mulai 1 November 2023. Penyesuaian ini berdampak pada penyesuaian kecepatan maksimal perjalanan, percepatan waktu tempuh dan penyesuaian jadwal perjalanan Commuter Line Bogor,” tulis KAI Commuter dalam akun X-nya, Selasa (31/10/2023).

KAI menyampaikan kecepatan maksimal KRL rute Bogor-Jakarta Kota akan mengalami kenaikan dari yang semula 70 km/jam menjadi 80 km/jam. Hal tersebut, kata KAI, akan mempercepat waktu tempuh 7-8 menit.

“Yang semula dari Bogor-Jakarta Kota selama 92 menit menjadi 85 menit. Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor-Manggarai semula 70 menit menjadi 62 menit,” tulis KAI Commuter.

Pihak KAI berharap para calon penumpang dapat melihat kembali jadwal perjalanan. KAI menyampaikan perubahan waktu tempuh akan berimbas pada jam keberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor-Jakarta Kota.

“Jadwal pemberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun pemberhentian juga mengalami perubahan jadwal mulai 1-5 menit. Keberangkatan awal Commuter Line di Stasiun Bogor pada pagi hari juga akan ditambah dua perjalanan, yaitu pemberangkatan pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB,” tulis KAI.

Masyarakat bisa melihat jadwal lengkap perjalanan KRL melalui aplikasi dan situs resmi Commuter Line. KAI Commuter turut memberikan himbauan agarģ selalu mengutamakan keselamatan saat menggunakan KRL dan melintasi rel kereta.