Budiman Sarankan Prabowo Minta Izin ke Megawati Jika Hendak Ambil Gibran

Graha Nusantara, Jakarta – Mantan Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko, memberikan tanggapannya terkait rumor bacapres Prabowo Subianto yang akan menggaet Gibran Rakabuming Raka menjadi bacawapresnya. Budiman menyarankan Prabowo memohon izin pada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hal tersebut disampaikan Budiman saat menjawab pertanyaan wartawan mengenai rumor Gibran yang akan menjadi cawapres Prabowo pada Pilpres 2024. Dirinya menilai meminang Gibran maka harus meminta izin kepada Megawati. Hal tersebut lantaran Gibran masih tercatat sebagai kader PDI Perjuangan.

“Jadi by regulation, per regulasi tentu Mas Gibran dalam hal ini ya berarti Pak Prabowo, kalau memang Pak Prabowo mau ambil Mas Gibran, bukan tanya pada bapaknya tapi tanya kepada ketumnya, Bu Megawati Soekarnoputri, saya pikir itu ya,” ucap Budiman, Selasa (17/10/2023).

Menurut Budiman, Prabowo tidak perlu izin pada Jokowi. Prabowo, kata Budiman, hanya perlu mengkonsultasikan hal itu pada Jokowi.

“Saya kira justru yang paling dekat adalah Pak Prabowo bertanya kepada ketumnya Mas Gibran, yaitu PDIP, yaitu Megawati Soekrano Putri. Menurut saya Pak Jokowi tidak dalam layak atau tidak ditanya, yang ditanya ketumnya atau wasekjen atau apalah,” ujar Budiman.

Selanjutnya, Budiman mengungkapkan pernah mengajukan agar Prabowo memilih cawapres yang lebih muda. Tetapi, dirinya tidak menerangkan dengan jelas mengenai sosok lebih muda yang dimaksudnya.

“Saya pernah juga sampaikan pada pak Prabowo Subianto bahwa memang beliau mengingat usia beliau yang sudah senior, memang layak didampingi oleh yang lebih muda,” ujar Budiman

“Apakah jauh lebih muda atau setengah lebih muda, saya pikir posisi itu boleh saya katakan prerogatif nya Pak Prabowo,” tandasnya.

Komentar