Akhir Oktober Bandara Kertajati Mulai Terima Pemindahan Penumpang Bandara Husein Sastranegara

Graha Nusantara, Jakarta – Direktur Operasional dan Pengembangan Bandara Internasional Jawa Barat atau PT BIJB Agus Sugeng Widodo menerangkan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat siap menerima pemindahan penerbangan Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Operasional pemindahan penerbangan akan berlangsung mulai 29 Oktober 2023.

“Kami sudah siap secara operasional, sudah tidak ada isu. Sudah (100 persen), insyaallah,” ucapnya, Kamis (12/10/2023). 

Dirinya menyampaikan bila pihaknya telah menjual tiket dari dan menuju ke Bandara Kertajati beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, pihaknya turut mensosialisasikan penumpang agar dapat memenuhi target.

“Kita berupaya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk sosialisasi, salah satunya dengan pemerintah daerah sekitar, lalu melalui media sosial dan baliho,” ujar Agus.

Disisi lain, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni turut melakukan peninjauan langsung atas kesiapan infrastruktur serta ketersediaan antar moda di Bandara Kertajati pada Selasa, 10 Oktober 2023. Dirinya menyampaikan Kemenhub berharap proses pengalihan operasional penerbangan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Sehingga nantinya dapat mendukung perekonomian dan pariwisata daerah Jawa Barat,” tutur Kristi.

Dirinya menerangkan proses pengalihan tersebut memerlukan dukungan serta kolaborasi antara regulator, operator, dan stakeholder penerbangan lainnya. “Dan paling penting peran serta dan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), dan sekitarnya,” ujar Kristi. 

Kristi menuturkan pemberian dukungan bisa dilakukan melalui pemberian informasi secara massif kepada masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi udara. Dirinya turut berrharap adanya dukungan mengenai ketersediaan antar moda.

“Begitupun dengan ketersediaan antar moda, seperti Damri, shuttle bus, taksi, transportasi berbasis online untuk akses dari atau ke Bandara Kertajati pun harus sudah tersedia dan beroperasi,” ujar Kristi. “Sehingga Bandara Kertajati sudah siap melayani konektivitas transportasi udara untuk masyarakat Ciayumajakuning dan sekitarnya.”

Komentar