Foto Pertemuan Syahrul Yasin dengan Firli Bahuri Beredar, Polisi: Masuk Penyidikan

Graha Nusantara, Jakarta – Media sosial ramai dengan sebuah foto yang menampilkan Ketua KPK Firli Bahuri bersama dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang diduga berada di sebuah lapangan tenis. Polda Metro pada saat ini sedang mendalami foto pertemuan itu.

“Ini masuk dalam materi penyidikan yang akan kami gali dan akan kami cari buktinya untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Sabtu (7/10/2023).

Ade Safri menuturkan foto pertemuan antara Syahrul Yasin Limpo bersama Firli yang beredar tersebut menjadi salah satu yang direkomendasikan penyidik dalam gelar perkara. Gelar perkara berlangsung di ruang Bagian Wassidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, pada Jumat (6/10).

“(Gelar perkara) untuk mendalami lebih lanjut di tahap penyidikan nantinya, terkait dengan temuan dokumen foto (pertemuan) dimaksud,” ujarnya.

Ade Safri menyampaikan padaPasal 65 juncto Pasal 36 Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, telah terdapat aturan bila penyidik dilarang berhubungan dengan pihak-pihak yang sedang beperkara pada kasus pidana korupsi.

“Terkait adanya larangan untuk berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak tersangka atau pihak lain yang terkait dalam penanganan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh KPK dengan alasan apa pun,” ujar Ade Safri membacakan isi pasal tersebut.

Komentar