oleh

Jokowi: Idul Fitri Kali Ini Dirayakan Berbeda

Grahanusantara.co.id – Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H, Presiden Joko Widodo beri ucapan selamat untuk masyarakat Indonesia dan menganggap lebaran tahun ini dirasa berbeda.

Menurut Jokowi, Idul Fitri tahun ini dirayakan dengan cara yang berbeda karena adanya pandemi COVID-19. Hal ini menuntut pengorbanan semua pihak untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi dengan cara yang biasa.

“Hari raya Idul Fitri kali ini kita rayakan dengan cara yang berbeda. Karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak dapat bersilaturahmi seperti biasanya. Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Sabtu (23/5/2020).

Pemerintah juga sudah melarang warga untuk mudik. Jokowi meyakini bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian ini.

“Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini. Selamat hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Jokowi.

Idul Fitri 1441 H ditetapkan pemerintah pada Minggu (24/5). Ada juga sejumlah wilayah yang merayakan Idul Fitri hari ini.