Kehidupan New Normal Versi Luhut

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi menghimbau masyarakat untuk menyambut kondisi new normal.

“Saat ini kita harus siap untuk kehidupan baru atau new normal dengan membiasakan diri menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak guna mengurangi penyebaran virus ini,” kata Luhut dalam keterangan tertulis Kemenko Kemaritiman dan Investasi, dikutip Jumat (22/5/2020).

Luhut juga bicara soal pernyataan Presiden Joko Widodo soal berdamai dengan Corona. berdamai dengan Corona maksudnya adalah patuh terhadap protokol kesehatan. Dia menegaskan pola hidup masyarakat pun harus berubah lebih sehat dan bersih.

“Berdamai itu maksudnya adalah tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Pola hidup masyarakat pun harus banyak berubah, harus berpola hidup lebih bersih dan lebih sehat,” jelas Luhut.

Senada dengan Luhut, Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto mengatakan new normal adalah hidup sesuai protokol kesehatan demi mencegah virus Corona.

“New normal adalah hidup sesuai protokol kesehatan untuk mencegah virus Corona. Karena itu, jaga jarak hingga menggunakan masker akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujar Yuri dikutip dari detikcom.

Dia mengatakan, hidup dengan normal yang baru ini tak ada kaitannya dengan PSBB. Dia menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak pernah memerintahkan untuk melonggarkan PSBB.

“Sampai saat ini Presiden belum pernah menyampaikan dan memerintahkan kepada semua pemda untuk melonggarkan PSBB. Justru beliau meminta dalam rapat kabinet yang terakhir seluruh pemerintah daerah tetap mengawasi PSBB karena ditengarai pada beberapa minggu ini mobilitas masyarakat akan sangat tinggi terkait dengan tradisi menjelang Lebaran,” papar Yuri.