Herman Deru Sukses Buat Sumsel Mandiri Pangan Hingga Bangun Berbagai Infrastruktur

Graha Nusantara, Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya (HDMY) sukses membawa Provinsi Sumsel ke arah yang lebih baik. Berbagai capaian berhasil dibuatnya mulai dari mandiri pangan hingga banyak infrastruktur yang telah dibangun.

Salah satunya yaitu program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang Herman Deru inisiasi. Program tersebut merupakan program yang dibuat untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui pengembangan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya setempat secara berkelanjutan.

Gerakan itu berfokus pada perubahan pola pikir masyarakat yang mulanya pembeli menjadi produsen. Produsen dalam arti masyarakat bisa menghasilkan sendiri sebagian dari kebutuhan pangan untuk konsumsi keluarga melalui pemanfaatan pekarangan dengan budidaya tanaman, ikan dan ternak kecil.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini membuat Gubernur Sumsel H Herman Deru sukses mensejahterakan masyarakat di Sumsel dan pengangguran di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel berhasil turun.

Program tersebut turut memberikan dampak pada tingkat inflasi di Sumsel. Capaian itu berhasil membuat Sumsel menjadi provinsi yang berhasil mengendalikan laju inflasi lebih baik dari nasional.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyampaikan GSMP mengajak masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam memenuhi kebutuhannya sendiri melalui pemanfaatan lahan sekitar pekarangan rumah tempat tinggal untuk menanam sayur-mayur, ternak ayam atau usaha perikanan dengan skala rumah tangga.

“Di Sumsel ini kita selalu dengungkan kemandirian pangan melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP),” ucapnya.

H Herman Deru berhasil membuat Sumsel menjadi provinsi yang lebih maju. Hal tersebut terbukti melalui berbagai penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dalam membangun daerah ini.

Selain turunnya angka kemiskinan, Herman Deru turut berhasil membangun berbagai jalan sampai jembatan. Herman Deru turut memprakarsai bantuan gubernur bersifat khusus (Bangubsus) untuk mendukung pemerataan pembangunan di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

Bangubsus digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur di 17 Kabupaten dan Kota di Sumsel. Seperti jalan antar wilayah, jembatan (jembatan Air Ogan IV Lubuk Batang Kabupaten OKU sepanjang 137,6 meter, Jembatan Lematang Sepanjang 217,5 meter serta jembatan Musi VI di Kota Palembang), jembatan putus (jembatan penghubung Desa Muara Danau dengan Desa Lubuk Tapang Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang).

Komentar