Kurangi Polusi Jakarta, Pemerintah Sudah Semprotkan 70 Ribu Liter Air

Graha Nusantara, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membagikan cara yang dilakukan dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Langit Jakarta dalam sepekan terakhir sudah disemprotkan puluhan ribu liter air dari pesawat.

“Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah ibukota Jakarta, salah satunya dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying menggunakan dua pesawat Cesna,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, pada keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023).

Abdul Muhari menyampaikan BNPB bersama BRIN, BMKG, TNI serta pihak terkait lainnya di Jakarta menjadi pihak dibalik upaya modifikasi cuaca untuk menekan polisi udara di Jakarta. Operasi ‘bilas polusi udara’ Jakarta sudah terlaksana selama sepekan terakhir.

“Operasi ini telah dilaksanakan sejak Senin (4/9) hingga Senin (11/9) dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta,” ujarnya.

Dirinya menerangkan satu pesawat dalam satu hari melakukan empat kali sorti di sejumlah wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

“Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan di mana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih.” ujarnya

Abdul Muhari menegaskan BNPB akan terus berusaha mengurangi polusi di Jakarta sampai beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan.

Komentar