oleh

Kaum Pemuda Apresiasi Langkah Gubernur Herman Deru dalam Menangani Covid-19

Grahanusantara.co.id, Sumatera Selatan – Kaum pemuda Sumatera Selatan yakin dan percaya akan langkah Gubernur Herman Deru dalam menangani pandemic Covid-19 di Sumsel.

Mantan aktivis mahasiswa Abul Hasan Al-Asy’ari yang juga Pembina Organisasi salah satu daerah di Sumatera Selatan itu, Sabtu (16/5/2020), memberikan pandangan dan statement tegas dalam mengapresiasi kinerja Gubernur Herman Deru dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Sumatera Selatan.

Ia menuturkan, beberapa langkah dan gerakan yang telah dilakukan oleh Gubernur hingga Ia mendapatkan predikat masuk 7 besar sebagai Kepala Daerah terbaik dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Bahkan Kemendagri pun memberikan prestasi kepada Sumsel sebagai percontohan Nasional dalam Upaya Pemutusan Mata Rantai Covid 19 di Sumatera Selatan.

“Komunikasi dan koordinasi yang baik kepada Pemkot/Pemkab se Sumatera Selatan telah Deru lakukan, bahkan sampai pada puncak keseriusan Pemprov dalam penanganan Kasus Covid-19 beliau tetap berdiskusi dan menerima masukan dari Walikota dan Bupati dibawah kepemimpinannya.” Ujar Pemuda yang biasa disapa Ari itu.

“Alhasil Penetapan PSBB yang diajukan oleh Pemkot Palembang dan Prabumulih melalui Pemprov, kemudian telah disepakati oleh Deru dan sudah disetujui oleh Kemenkes RI untuk pemberlakuan PSBB di dua Kota tersebut,”tambah Ari.

Ini merupakan langkah terbaik untuk kondisi saat ini, mengingat belum singnifikannya angka penurunan kasus covid-19 di Sumsel, Kata Ari lagi, lalu tidak ada kata terlambat untuk memberikan sebuah solusi, tentu berbagai alasan dan pertimbangan yang matang sehingga muncul kebijakan tentang penerapan PSBB di Sumsel.

Dalam mengantisipasi masuknya Covid 19 di Sumsel, Pemerintah Sumsel sudah berupaya semaksimal mungkin untuk tanggulanginya.

“Upaya sudah dilakukan Pemprov Sumsel dengan cara melakukan pengawasan di sejumlah pintu masuk Sumsel diantaranya Bandara, Pelabuhan, dan tempat perbatasan lainnya, serta penyemprotan disinfektan di berbagai tempat fasilitas umum,” tandas Ari.

Lebih lanjut Ari menuturkan, kesigapan Pemprov dalam menyiapkan fasilitas kesehatan patut diacungi jempol.

“Sejak terkonfirmasi kasus positif pertama kali pada tanggal 24 Maret 2020, Gubernur Sumsel langsung mendirikan dua posko sekaligus Posko Tanggap Covid-19 sebagai upaya mempercepat informasi dan penanganan terhadap Covid-19,,” ucap Ari.

Tidak hanya itu, Pria kelahiran Ogan Ilir ini juga melihat keseriusan Gubernur Sumsel dalam melawan Covid 19 dengan menyiapkan Rumah Sehat Covid 19 yang terletak di JSC dan menunjuk langsung Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya sebagai ketuanya, ini bentuk upaya keseriusan.

“Kita juga bisa melihat keseriusan Pemprov Sumsel dengan dialihfungsikannya Wisma Atlet sebagai Rumah Sehat Covid 19 untuk Orang dalam pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memadai.”ujar Ari.

Menurutnya, Kinerja dan Langkah yang dilakukan oleh Gubernur Sumsel telah maksimal dan patut kita apresiasi. Virus covid 19 ini merupakan Bencana Nasional, Musibah Dunia. Maka perlu kerjasama dan saling bahu membahu untuk bersama memerangi covid-19 ini.

“Dan saya harap tidak ada yang saling menyalahkan satu sama lain, yang harus kita lakukan adalah memainkan perannya masing-masing sesuai bidangnya kemudian memaksimalkan itu,” Tutup Ari.