Berprestasi dan Berjasa, Gubernur Herman Deru Dianugerahi Gelar Mangku Alam dari Masyarakat Lengkiti OKU

Graha Nusantara, Oku – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Halal Bi Halal  bersama segenap masyarakat Desa Tanjung Lengkayap, Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat (19/5) sore. 

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dianugerahi gelar/adog dari Lembaga Adat Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU. Gelar tersebut diberikan Lembaga Adat berdasarkan Surat Keputusan Pemangku Adat Kecamatan Lengkiti Nomor : 201/PA/LENGKITI/2023.

Selain menindklanjuti hasil rapat pemangku adat, rapat tersebut juga ditindak lanjuti untuk menjaga kelestarian budaya bangsa 

Ketua Pemangku Adat Lengkiti M. Toyip menjelaskan bahwa setiap warga berhak mendapat gelar atau adok. Gelar atau adog ini sendiri merupakan  symbol yang telah dimiliki oleh penyandang gelar atau adog dalam kancah perjuangan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Adok atau gelar ini menurutnya hanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Salah satunya karena adanya peningkatan status seseorang dari masa lajang ke masa berkeluarga. Selain itu gelar juga diberikan jika keberhasilan suatu usaha atau perjuangan seseorang dalam mencapai suatu prestasi yang diperuntukkan dan dinikmati oleh keluarga dan masyarakat banyak. 

“Gelar ini juga diberikan pada orang yang telah mendapat kepercayaan atau amanah dari masyarakat atau pemerintah untuk menduduki jabatan terhormat karena jasanya,” jelasnya Toyip. 

Dengan adanya gelar ini iapun berharap agar masyarakat turut menghormati dan mendukung fungsi dan posisi penyandang gelar secara positif. 

Tak hanya Gubernur Herman Deru, pada kesempatan itu Lembaga Adat Lengkiti juga memberikan gelar adat kepada Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru. Hj. Samantha Tivani dianugerahi gelar Inai/ini Ratu Bangsa dari masyarakat Lengkiti. 

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengaku sangat gembira dapat bersilaturahmi dalam acara Halal Bi Halal bersama masyarakat Lengkiti. 

Dalam kesempatan itu atas nama pimpinan dan jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur Herman Deru juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat kepada Pemerintah Kecamatan dan segenap masyarakat Kecamatan Lengkiti, yang telah berpartisipasi dalam membangun dan memajukan Ogan Komering Ulu dan Provinsi Sumatera Selatan. 

Sejak Ia menjabat sebagai Gubernur Sumsel 1 Oktober 2018 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berkomitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat Lengkiti. Hal ini menurutnya sekaligus meneguhkan  dalam visi “Sumatera Selatan Maju Untuk Semua”, yaitu terwujudnya masyarakat Sumatera Selatan yang sehat, berprestasi, jujur, mandiri, dan sejahtera yang berlandaskan iman, taqwa dan integritas. 

Pada kesempatan itu Ia juga merespon sejumlah aspirasi masyarakat terkait infrastruktur jalan, akses air bersih hingga byarpet listrik dan sinyal internet. 

“Silakan nanti Pak Kades berkoordinasi dengan Pemkab dan Provinsi untuk jalan, ambulance, dan listrik,” jelasnya. 

Lebih jauh Gubernur Herman Deru dalam kesempatan itu juga mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan apa yang telah menjadi cita-cita besar bersama. Yakni dengan membangun Sumatera Selatan berbasis ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan ekonomi masyarakat sektor pertanian, industri dan UMKM, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia  yang sehat, berprestasi, jujur dengan menjunjung tinggi nilai keimanan, ketaqwaan dan integritas. 

Diujung sambutannya Gubernur Herman Deru juga memaparkan prestasi yang baru saja diraih Pemprov Sumsel sebagai Pemprov Terbaik Kedua Nasional Perencanaam Pembangunan dari Bappenas. 

Sumsel didaulat menjadi Provinsi terbaik karena kemiskinan berkurang melalui intervensi pemberdayaan masyarakat UMKM, Rehabilitasi sosial, dan upaya bidang kesejahteraan. 

Menurutnya Gubernur Herman Deru, ini tak lepas dari inovasi Sumsel melakukan perubahan mindset masyarakatnya menjadi masyarakat yang mandiri. Melalui program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) masyarakat diajak mandiri memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari yang tadinya hanya sekedar membeli menjadi penghasil. 

“Jadi tolong ibu-ibu, mulai tanamilah 3-5 pot yang ada di rumah dengan cabai, bawang, tomat chery dan kebutuhan lain. Sehingga pengeluaran bulanan untuk itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain,” jelasnya. 

Sebelum mengakhiri sambutan Ia tak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersamaan dan kerukunan, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman yang akan membawa kita pada kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu salah satu Tokoh Masyarakat Kecamatan Lengkiti Mahdum M. Isa mengatakan mewakili masyarakat Lengkiti mereka sangat gembira dengan kedatangan Gubernur beserta rombongan. 

Sejak dimekarkan tahun 2003 lalu, Desa Lengkiti kini berkembang cukup pesat. Iapun berharap ini akan terus berkembang terutama di bawah kepemimpinan Gubernur Herman Deru. Untuk itu mereka pun berharap Gubernur Herman Deru terus melakukan pembinaan sehingga daerah ini semakin maju sejajar dengan daerah lain. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumsel Fathan Qoribi, Ketua KORMI Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru, Pj. Sekda Kab. OKU Darmawan Irianto, Ketua DWP Kab.OKU Wahidah Darmawan dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dan Kab.OKU. (Adv)

Komentar