Raja Charles III Jadi Raja Inggris Diumur 74 Tahun

Graha Nusantara, Jakarta – Raja Charles III telah resmi menjadi Raja dari Inggris menggantikan sang ibu yang telah meninggal dunia Ratu Elizabeth II. Penobatan Raja Charles III berlangsung di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5) waktu setempat.

“Saya, Charles, dengan sungguh-sungguh dan tulus di hadirat Tuhan mengaku, bersaksi, dan menyatakan bahwa saya adalah seorang Protestan yang setia.”

“Dan bahwa saya akan menjunjung tinggi dan mempertahankan undang-undang yang berlaku dengan kekuatan terbaik saya,” ujar Raja Charles III.

Prosesi penobatan Raja Charles III mengikuti tradisi yang telah dilakukan sejak lebih dari 900 tahun. Tak hanya Raja Charles III, sang istri Permaisuri Camilla juga dinobatkan.

Raja Charles III menjadi raja Inggris yang dinobatkan dengan usia tertua sepanjang sejarah Inggris yaitu 74 tahun.

Selepas penobatan, Pangeran Charles III dan Permaisuri Camilla akan menuju Istana Buckingham dengan mengendarai kereta kencana Gold State Coach.

Perjalanan menuju Istana Buckingham menjadi hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Inggris. Sebab momen tersebut akan menjadi kesempatan raja menyambut warga yang hadir di ruas-ruas jalan.

Diketahui, setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022, Charles III langsung menjadi raja secara otomatis.

Raja Charles III akan mengambil peran sebagai kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Komentar