Doa Setelah Azan & Iqamah – Arab, Latin, dan Terjemahannya

Graha Nusantara, Jakarta – Azan dikumandangkan setiap lima kali dalam satu hari. Azan merupakan panggilan solat bagi seluruh umat muslim.

Setelah azan dikumandangkan setiap muslim dianjurkan untuk berdoa setelahnya sebagi bentuk pujian Allah dan mengingat Nabi Muhammad SAW.

Berikut bacaan doa setelah azan beserta tulisan latin dan terjemahannya:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَنِ اْلوَسِيْلَةَ وَاْلفَضِيْلَةْ وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوْدًا اَّلذِيْ وَعَدْتَهْ

Allahumma rabba hadzihid da’watit tammah, washshalatil qa-imah, ati sayyidana muhammadanil washilata wal fadhilah, wab’atshu maqamam mahmudanil ladzi wa’adtah.

Artinya: Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta sholat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.

Apabila solat berjamaah, maka sebelum solat berlangsung muazin akan mengumandangkan iqamah. Setelah selesai terdapat pula doa selepas iqamah.

Berikut bacaan doa setelah iqamah beserta tulisan latin dan terjemahannya:

‎ اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْصَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأٰتِهِ سُؤْلَهُ يَوْمَ الْقِيَا مَةِ

Allahumma rabba hadzihid da’watit tmmah, washshalatil qa-imah, shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa aa tihi su’lahu yaumal qiyaa mati.

Artinya: Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta sholat yang segera akan dilaksanakan, curahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, dan kabulkanlah segala permohonannya pada hari kiamat.

Komentar