HD Pastikan Stok Pangan OKU Raya Dan OKI Aman Satu Tahun Kedepan

Grahanusantara.co.id, MARTAPURA – Gubernur Sumsel H. Herman Deru memastikan ketersediaan pangan khususnya beras di sejumlah daerah seperti di OKU Raya yang meliputi Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan serta daerah lainnya seperti Kabupaten OKI masih aman.

Bahkan, persediaan beras tersebut diprediksi bisa bertahan sampai satu tahun kedepan. Hal itu terbukti setelah HD melakukan monitoring persediaan beras di sejumlah kabupaten tersebut, Kamis (23/4).

HD mengatakan, monitoring tersebut dilakukannya guna menjamin ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat khususnya menyambut bulan suci ramadhan.

“Saya melakukan monitoring ini untuk melihat langsung sehingga saya bisa menjamin stoknya ada. Saat ini stok beras di OKU Raya saya pastikan aman. Bahkan persediaannya masih bisa sampai satu tahun kedepan dan masyarakat tidak perlu khawatir,” kata HD.

Dia menerangkan, amannya persediaan beras di sejumlah daerah ini membuktikan jika produktifitas para petani tidak terganggu di tengah pandemik Covid-19.

“Petani juga berperan dalam hal ini. Memang harus disiasati agar produktifitas ini tidak terganggu. Salah satunya mengatur cara panennya agar efektif sehingga kualitas pangannya tidak rusak karena terlambat panen. Namun tprotokol kesehatan seperti jaga jarak dan ketersediaan masker harus tetap terjaga, karena panen ini ditengah pandemi Covid-19,” paparnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan soal distribusi beras bagi masyarakat penerima bantuan. Dimana distribusinya harus sesuai dengan aturan yang ada sehingga tepat sasaran.

“Bantuan untuk masyarakat juga harus dicermati, jangan salah sasaran. Perlu pengawasan ketat dalam pendistribusiannya sehingga masyarakat yangvmembutuhkannya dapat merasakannya,” tegasnya.

Bahkan, dia juga menekankan agar pemerintah daerah, Kecamatan, Kelurahan, Desa, RT, RW, hingga masyarakat turut ambil peranan untuk melakukan pengawasan.

“Mulai dari pemerintah tertinggi hingga masyarakat harus awasi distribusinya. Laporkan jika ada kecurangan. Ini harus tepat diberikan kepada penerimanya,” tuturnya.

Sementara di Kabupaten OKI, HD memastikan ketersediaan beras juga aman khususnya sampai pasca hari raya idul fitri.

“Sama halnya dengan di OKU Raya. Di OKI persediaan beras ini juga masih aman, minimal sampai lebaran. Karena konsumsi pangan ini justru meningkat saat bulan puasa,” bebernya.

Dengan tersedianya stok beras ini diharapkan tidak timbul ke khawatiran di tengah masyarakat.

“Initi masyarakat jangan khawatir. Persediaan pangam sejumlah daerah sudah saya pastikan aman melalui monitoring ini,” paparnya.

Dia juga menegaskan, monitoring ini akan terus dilakukannya ke sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

“Persediaan di daerah lainnya tetap akan saya monitoring langsung. Saya ingin memastikan ketersediaan pangan ini tetap ada untuk masyarakat Sumsel,” pungkasnya.