Ini Persamaan dan Perbedaan Aptos dengan Sui Blockchain

Graha Nusantara, Jakarta – Aptos dan Sui menjadi dua blockchain lapisan 1 (L1) yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Keduanya dibangun oleh mantan pengembang blockchain Meta dan infrastruktur yang mendasari keduanya terdapat pada inisiatif blockchain yang meta tinggalkan, Diem.

Tetapi kedua tim mempunyai pendekatan yang berbeda dalam mengatasi masalah skalabilitas blockchain. Berikut persamaan dan perbedaan Aptos dan Sui:

Persamaan

Aptos dan Sui sama-sama menggunakan Move, bahasa pemrograman berbasis Rust, untuk eksekusi paralel di blockchain, namun Sui memiliki versi yang lebih kecil daripada Aptos.

Perbedaan

Bahasa pemrograman

Sui dan Aptos menggunakan Move. Move adalah bahasa bytecode yang dapat dieksekusi yang digunakan untuk membuat kontrak pintar serta transaksi khusus di blockchain. Menurut whitepaper Diem di Move , ini berfokus pada dua aset digital utama: kelangkaan dan kontrol akses. Kelangkaan memberlakukan batasan pada pembuatan aset, mencegah pembelanjaan ganda, sementara kontrol akses mengelola kepemilikan dan hak istimewa.

Ini berbeda dari bahasa pemrograman lain seperti Solidity karena penggunaan sumber dayanya, yang diambil dari konsep matematika logika linier. Dalam logika linier, rumus diperlakukan sebagai sumber daya dasar yang hanya dapat digunakan sekali. Dalam kasus Pindahkan, ” sumber daya tidak akan pernah dapat disalin atau dibuang secara implisit, hanya dipindahkan di antara lokasi penyimpanan program “, oleh karena itu namanya “Pindahkan”. Mekanisme ini dirancang untuk memaksimalkan keamanan tanpa menambah kerumitan transaksi, mengurangi biaya gas.

Aptos umumnya mengikuti desain buku teks dari whitepaper Diem. Di sisi lain, Sui memiliki model objek yang sedikit berbeda dari Aptos. Sistem penyimpanannya berpusat pada objek , yang berarti Anda dapat melihat banyak hal di blockchain, termasuk alamat dan transaksi. Ini direpresentasikan sebagai “objek.”

Move versi Sui menjelaskan kapan suatu objek dimiliki, dibagikan, dapat diubah, atau tidak dapat diubah , sedangkan Aptos tidak. Selain itu, API kepemilikan Sui lebih bersih daripada Aptos, karena menunjukkan desain blockchain dengan lebih jelas.

Arsitektur

Meskipun Aptos dan Sui menggunakan proof-of-stake sebagai mekanisme konsensus mereka, algoritme konsensus di baliknya berbeda.

Aptos menggunakan paralelisasi dengan mendeteksi dependensi secara dinamis dan menjadwalkan tugas eksekusi menggunakan BlockSTM , yang merupakan turunan dari protokol konsensus HotStuff .

Sui mengimplementasikan Narwhal dan Tusk sebagai algoritma konsensus mereka, yang merupakan mempool berbasis DAG (directed acyclic graph) yang digunakan untuk paralelisasi pada lapisan eksekusi. Protokolnya asinkron yang berarti dapat menahan serangan DoS (denial of service).

Dalam hal keamanan, Sui memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Aptos.

Skalabilitas

Alih-alih kasus validator rumahan atau desentralisasi berskala besar, baik Aptos maupun Sui bertujuan untuk mengoptimalkan skalabilitas dengan memaksimalkan kapasitas jaringan, mirip dengan Solana. Namun, hambatannya kemungkinan besar adalah pertumbuhan negara bagian dalam ekosistem.

Untuk mengatasi hambatan pertumbuhan negara, Aptos memprioritaskan validator heterogen (CPU dan penyimpanan terbatas), sedangkan Sui berencana untuk memisahkan penyimpanan data secara efisien, dan menskalakan sumber dayanya secara horizontal.

Tokenomics

Ada lima komponen utama dari model ekonomi Sui:

Model ekonomi Sui blockchain (Sumber: Medium )

Token SUI : SUI adalah koin asli Sui.
Biaya gas : semua operasi jaringan pada platform memerlukan biaya gas. Biaya gas diberikan kepada peserta dalam mekanisme proof-of-stake. Itu juga dapat digunakan untuk mencegah spam dan serangan denial-of-service.
Dana penyimpanan : Untuk mengkompensasi validator masa depan atas biaya penyimpanan data on-chain yang disimpan sebelumnya, dana penyimpanan Sui digunakan untuk mendistribusikan hadiah taruhan dari waktu ke waktu.
Mekanisme Proof-of-stake : Digunakan untuk memilih, memberi insentif, dan memberi penghargaan kepada operator platform yaitu validator dan delegator SUI.
Pemungutan suara on-chain : untuk pemungutan suara dan memutuskan peningkatan tata kelola dan protokol.

Di sisi lain, Aptos belum memiliki koin dan whitepapernya belum diterbitkan. Namun, Aptos telah meluncurkan testnet mereka pada bulan Maret dan komunitas pengembangnya sangat aktif.

Pendanaan

Aptos Labs telah mengumpulkan total $350 juta dari FTX Ventures, Jump Crypto, a16z, Tiger Global, Multicoin Capital, di antara banyak usaha modal lainnya. Saat ini, Aptos Labs memiliki 28 investor.

Sui dengan cepat mengejar setelah putaran pendanaan Seri B terbarunya pada September 2022. Mysten Labs, perusahaan di belakang Sui menutup penggalangan dana US$300 juta dalam putaran ini. Hal ini membawa Sui ke kenaikan gabungan sebesar US$36 juta sejauh ini, setelah menambahkan $36 juta dari Seri A. Sui juga menyatakan bahwa mereka saat ini bernilai lebih dari US$2 miliar.

Status perkembangan

Aptos meluncurkan Mainnet-nya pada Oktober 2022 dan pengembang sekarang dapat membangun di atas Aptos. Mereka juga sedang mengerjakan peningkatan jadwal gas di 3 bagian. Dalam jangka pendek, untuk memiliki pengurangan gas NFT yang dinamis. Kemudian, dalam jangka menengah, memiliki struktur data yang hemat gas. Terakhir, rencana jangka panjang adalah mengadopsi biaya gas yang digerakkan oleh permintaan.

Sui baru saja menyelesaikan Sui Testnet Wave 2 mereka. Dompet Sui mereka juga aktif dan berjalan, meskipun dalam tahap Devenet. Meskipun demikian, Anda dapat menginstal dompet Sui dan meminta token Devnet SUI untuk mencoba dompet tersebut. Dompet Sui saat ini memiliki fitur seperti mengirim, mempertaruhkan, dan mencetak NFT Capy mereka. Pengguna juga dapat mendaftarkan nama domain mereka di Sui Name Service.

Komentar