Jokowi Ingin Menteri Perlihatkan Empati pada Masyarakat dan Tak Gelar Open House ketika Lebaran

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan himbauan kepada para menterinya untuk tidak menggelar open house ketika lebaran. Jokowi menginginkan menterinya dapat memperlihatkan empati kepada masyarakat.

Himbauan Presiden tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di sela kunjungannya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada. Sandiaga menerangkan pada Idul Fitri kali ini Jokowi mengarahkan untuk tak menyelenggarakan acara yang bermewah-mewah.

“Kita sudah dapat arahan dari presiden, sudah ada edaran terbatas, untuk menteri diimbau untuk tidak open house dan lebih fokus kepada memberikan empati pada masyarakat,” ujar Sandiaga, Rabu (19/4/2023).

“Kalau sudah ada angggaran untuk open house, itu diserahakan kepada kegiatan yang lebih berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat ekonomi bawah. Itu perintah langsung dari Pak Presiden,” terangnya.

Sandi turut menyampaikan dirinya dan tim Kemenparekraf tetap bekerja. Hal tersebut dilakukan karena menginginkan masyarakat dapat menikmati libur lebaran dengan baik.

“Menteri wisata itu bertolak belakang. Saat orang berwisata, saya kerja. Karena ini saya buka monitoring command center. Semua destinasi wisata kita pantau. Semua alert, sosial media, kpi terbesar untuk pergerakan wisatawan saat libur lebaran. Mohon maaf teman parekraf tidak ada liburan,” ucapnya.

Dirinya memprediksi akan ada 123, 8 juta pergerakan pada periode lebaran tahun ini. Dirinya juga memperkirakan perputaran ekonomi bisa menyentuh angka Rp241 triliun.

Komentar