oleh

Pemkot Tangsel Siap Resmikan Rumah Lawan Covid-19

Grahanusantara.co.id, Tangerang Selatan – Upaya melawan Covid-19 terus digalakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, hal tersebut dibuktikan dengan penambahan layanan kesehatan khususkan kasus virus corona. Fasilitas itu berupa Rumah Lawan Covid-19 yang berlokasi di kawasan Ciater, Serpong, Tangsel.

Bidang Penanganan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Tangsel Suhara Manullang menuturkan,  Rumah Lawan Covid-19 Kota Tangsel dapat dioperasikan lusa apabila tidak ada halangan. Hal tersebut katanya merujuk rapat terakhir antara pihaknya dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Tangsel dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel.

“Jadi kalau tidak ada halangan, itu rapat terakhir Dinas Perkim, Dinkes sudah terbagi tugasnya,” kata Suhara Manullang, Minggu (12/4/2020). Lebih lanjut dipaparkannya, apabila berjalan sesuai rencana, pihaknya akan mulai melakukan gladi bersih pada Senin (13/4/2020).

Sehingga, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dapat segera meresmikan Rumah Lawan Covid-19 Kota Tangsel. “Kemudian Senin (besok) gladi bersih, Senin sore nanti kita peresmian. Ibu Wali Kota yang meresmikan. Selasa mulai kita menerima pasien,” sambungnya.

Sementara itu, Ia menjelaskan bila Rumah Lawan Covid-19 ini hanya difungsikan melakukan perawatan bagi dua klasifikasi kasus pandemi virus corona. Klasifikasi tersebut antara lain, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). “Jadi di sini kita akan menampung ODP dan juga beberapa tempat tidur atau kamar untuk PDP tanpa gejala,” ungkap Suhara Manullang.

Dari 11 kamar tersebut, nantinya akan terpisah antara pria dan wanita, maupun klasifikasi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tanpa gejala. “Ya intinya supaya yang sehat tadi dipisahkan dari yang sakit,” jelasnya.

Fasilitas penunjang lain berupa Wi-Fi, TV, dan lemari bagi para pasien yang mendiami rumah tersebut, juga sudah tersedia. Sementara, tepat 100 meter sebelum memasuki tempat perawatan para pasien, terdapat tenda Posko Keamanan Rumah Lawan Covid-19 yang dijaga oleh TNI, Polisi, dan Satpol PP.