Ingin Mudik Aman dan Sehat? Berikut Tipsnya!

Graha Nusantara, Jakarta – Mudik menjadi salah satu tradisi yang masyarakat lakukan ketika perayaan Idulfitri. Pemerintah telah memutuskan periode cuti lebaran berawal dari tanggal 19-25 April 2023.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Lampung, Aditya Mahatidanar memberikan tips mudik lebaran dengan aman dan sehat. Pertama, melakukan pemeriksaan kendaraan pribadi secara menyeluruh. 

“Jika mudik dengan kendaraan pribadi, harus pastikan kendaraan dalam kondisi baik, seperti rem, lampu, dan ban. Jangan lupa untuk membawa alat cadangan, seperti ban serep, kunci roda, dan lain-lain. Selain itu, siapkan diri dengan kesiapan fisik dan mental yang cukup,” ujar Adit, Selasa (4/4/23).

Dirinya menyampaikan akan terdapat perbedaan mudik tahun ini dengan dua tahun sebelumnya. Hal tersebut didasarkan pada prediksi pemerintah akan tingginga lalu lintas kendaraan pemudik. Oleh karena itu, fisik menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

“Pastikan pengemudinya cukup istirahat, bawa makanan dan minuman yang cukup, dan perencanaan perjalanan yang matang. Jangan berkendara terus menerus lebih dari 12 jam,” ucapnya. 

Tips berikutnya yaitu pemudik wajib mematuhi aturan lalu lintas agar selamat sampai tujuan. Lantaran berkendara tak hanya tentang diri sendiri tetapi juga menyangkut pengendara lainnya. 

“Jangan berkendara melebihi batas kecepatan aman, misal kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol paling rendah 60 Km/Jam sampai tertinggi 100 Km/Jam,” ujarnya. 

Tak kalah penting, pemudik yang menggunakan transportasi umum harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun tren kasus Covid-19 saat ini terus menurun. 

“Pastikan tetap membawa masker, hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak di tempat umum. Periksa dan patuhi regulasi pemerintah terkait perjalanan mudik,” ujarnya. 

Komentar