oleh

Dilanda Wabah Corona, Club China Ini Malah Rencanakan Buat Stadion Kalahkan Camp Nou

Grahanusantara.co.id – Club’ Sepakbola asal China Guangzhou Evergrande ingin buat stadion megah barunya. Diketahui, saat ini mereka masih bermarkas di Tianhe Stadium yang “cuma” berkapasitas 58.500 tempat duduk.

Prestasi yang cukup mentereng sedekade terakhir ini membuat, Guangzhou Evergrande butuh markas yang lebih luas lagi. Oleh karenanya, Evergrande sebagai perusahaan real estate terkemuka di China yang merupakan induk semang klub itu, memutuskan membangun stadion baru.

Stadion baru itu akan punya desain yang menarik mata, yakni seperti bunga teratai terlihat dari luar dengan warna kuning keemasan yang melambangkan kemakmuran dan kejayaan.

Stadion akan berkapasitas 100 ribu tempat duduk mengalahkan Camp Nou sebagai stadion terbesar saat ini dengan 99.354 tempat duduk. Pembangunan yang menghabiskan dana 12 miliar yuan (Rp 26,2 T) ini sudah dimulai, Kamis (16/4/20) kemarin dan rencanakan selesai 2022.

Presiden Evergrande Real Estate, Xia Haijun, berharap pembangunan stadion baru ini bisa mengubah masa depan sepakbola China, sekaligus membuktikan kalau Guangzhou Evergrande juga bisa mendunia.

“Evergrande Stadium akan jadi bangunan kelas dunia baru yang bisa dibandingkan dengan Sydney Opera dan Burj Khalifa di Dubai. Ini jadi simbol penting sepakbola China di dunia,” ujar Xia seperti dikutip ESPN.