oleh

Mau Masuk Kuliah? Mau Kejar Cita-cita, Simak Cara Memilih Jurusan yang Sesuai Disini

Grahanusantara.co.id – Bagi siswa kelas 12 ataupun para pekerja yang memutuskan ingin masuk ke perguruan tinggi demi melanjutkan pendidikan dan menggapai cita-cita yang diidamkan-nya. Alangkah baiknya kalian tidak salah dalam memilih jurusan, memang pada dasarnya jurusan tidak sepenuhnya menentukan karir kalian. Akan tetapi, jurusan yang akan kalian tempuh selama kuliah nantinya sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir dalam memandang kerasnya kehidupan.

Jadi sebelum kalian menentukan masuk ke salah satu perguruan tinggi, baik negeri atau swasta, coba kenali dulu diri dan passion kalian dalam jurusan yang akan kalian pilih kelak. Simak ulasannya disini;

1. Pahami potensi diri

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri. Misal kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Contohnya saja jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter. Tapi sebaliknya, kalau kamu memiliki potensi di bidang Bahasa Asing dan Sastra, jurusan Sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan. Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, alangkah lebih baik kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan.

2. Kenali passion dimiliki

Modal utama lainnya ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi. Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.

3. Lihat peluang kerja

Semua jurusan kuliah memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Misal jurusan Manajemen Pariwisata, nanti yang akan bekerja di sektor pariwisata dan perencanaannya. Kalau mengambil jurusan Keperawatan, peluang pekerjaan bisa didapatkan di rumah sakit atau klinik di seluruh dunia. Ambil jurusan yang sekiranya memiliki peluang pekerjaan cukup tinggi. Percuma jika mengambil yang terlihat keren tapi peluang kerjanya sangat rendah. Lihat alumni dari jurusan yang akan kamu ambil agar tahu jenis pekerjaan apa saja bisa dimasuki.