oleh

Kunjungi Baznas Sumsel, Herman Deru Minta Jangan Pasif Demi Masyarakat

PALEMBANG – Merebaknya virus corona (Covid-19) berdampak langsung dengan kondisi ekonomi masyarakat.

Tak terkecuali di Sumatera Selatan, karena itu peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dituntut dapat menjadi lembaga yang peka dengan menyalurkan bantuan langsung pada masyarakat yang membutuhkan.

Saat mengunjungi Sekretariat Basnas Provinsi Sumsel di Jalan Sudirman Palembang, Senin (13/4) Gubernur H. Herman Deru mengajak petugas dari Basnas dapat bekerja dengan sigap jangan pasif, karena perbuatan dan uluran tangan dari lembaga ini sangat dinantikan oleh masyarakat.

“Saat ini perekonomian masyarakat kita menengah ke bawah sangat butuh bantuan, karena itu pihak Baznas segeralah berbuat jangan pasif dan menunggu. Jika perlu ambil langsung zakat dari para wajib zakat atau muzaki. Karena diperintahklan oleh Al-Qur’an ambil zakatnya,” tegas Herman Deru .

Dikatakannya, saat ini Baznas diyakni pemerintah sebagai lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengelola zakat, infak dan sodaqoh yang paling akurat.

“Di tengah merebaknya covid 19 ini, Saya mengajak para muzaki untuk juga menyalurkan zakatnya melalui Baznas sebagai lembaga resmi. Karena Basnas memiliki data yang akurat terkait dengan mustahik atau yang berhak menerima zakat. Distribusinya juga akan sangat akurat karena lembaga ini awasi dan akuntabilitas terjaga, “ tambahnya.

Herman Deru mengungkapkan lembaga Baznas Sumsel sejauh ini telah menjalankan fungsinya dengan maksimal terlebih pengelolanya beranggotakan para komisioner dan handal.

“Ada saatnya kita membantu, mencari dan berbagi. Mudah-mudahan saudara kita khususnya mustahik beban hidupnya dapat menjadi ringan karena para muzaki di Sumsel membantu melalui Baznas,” imbuhnya.

Ia juga mennghimbau agar petugas Baznas tidak menjadi petugas yang pasif, yakni dengan selalu mengingatkan muzaki untuk menyalurkan zakatnya.

“Saya himbau jangan menjadi petugas yang pasif, caranya untuk aktif adalah dengan mengingatkan muzaki untuk menyalurkan zakatnya dengan yakin dan terpercaya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Herman Deru juga memberikan infaq dan sodaqoh-nya melalui Banaz Sumsel. Sementara itu sebelumnya Ketua Baznas Prov. Sumsel Drs. H. Najib Haitami, MM, menyebutkan pihaknya telah berupaya ikut meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah corona yakni dengan menyalurkan bantuan berupa 1000 paket sembako yang berisikan gandung, minyak goring, mie goring, kecap, susu, teh, sirup dan sarden.

“Basnaz Sumsel sebelumnya telah banyak membantu warga yang membutuhkan pertolongan baik dalam hal pengobatan penyakit kronis, bantuan untuk tepat ibadah, TPA, rumah Tahfidz serta bantuan bagi warga terdampak wabah corona,” tandasnya.