Profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Masuk The World’s 100 Most Powerful Women 2022

Graha Nusantara, Jakarta – Nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati turut terseret setelah kebakaran di Depo Pertamina Plumpang terjadi. Beredar isu pencopotan Nicke dari jabatannya.

Fahmy Radhi yang merupakan pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melihat Nicke haruslah mundur dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawabnya. Dirinya menilai Pertamina kurang berempati terhadap kebakaran Depo Pertamina tersebut.

“Atau Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir) harus mencopot Dirut Pertamina. Karena 17 nyawa ini, saya kira ini tragedi kemanusiaan. Siapa yang bertanggung jawab terhadap 17 nyawa tadi? Ya saya kita Dirut Pertamina sebagai pucuk pimpinan dari Pertamina,” ujarnya.

Berikut profil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati:

Nicke Widyawati lahir di Tasikmalaya, 25 Desember 1967. Dirinya merupakan seorang Pelaksana Tugas atau Plt Dirut Pertamina sebelum menjadi Dirut PT Pertamina. Jabatan Plt dirinya emban untuk menggantikan Elia Massa Manik yang diberhentikan dari jabatannya di tahun 2018.

Perjalanan karir Nicke pada lingkungan BUMN dapat dikatakan cemelang. Berikut sejumlah jabatan yang pernah Nicke emban.

Karir:

  • Direktur Perencanaan Korporat dan Direktur Pengadaan Strategis di PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), tahun 2014 – 2017;
  • Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina, sejak 2017;
  • Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit di PT Rekayasa Industri (Persero);
  • Direktur Utama PT Mega Eltra, perusahan kontraktor listrik di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero);
  • Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Pendidikan:

  • Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung;
  • Magister Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran.

Nicke menjadi salah satu perempuan Indonesia yang masuk ke dalam daftar The World’s 100 Most Powerful Women 2022 atau daftar perempuan paling berpengaruh di dunia pada 2022 yang dirilis Forbes.

Pada daftar tersebut terdapat 12 kategori yaitu pebisnis, politisi, hingga tokoh hiburan. Selain Nicke, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga masuk ke dalam daftar tersebut. Sri Mulyani berada pada peringkat ke-47, sementara Nicke Widyawati pada peringkat ke-49.

Nama Sri Mulyani bukan pertama kali masuk ke dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia pada 2022 karena dirinya telah masuk ke dalam daftar sejak tahun 2019. Sementara Nicke Widyawati baru masuk ke dalam daftar pada tahun 2021.

Komentar