Masuki Masa Pasca-PPKM, Ini Harapan Jokowi!

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Meskipun begitu, masyarakat masih tetap mengenakan masker. Masyarakat yang tetap mengenakan masker pada masa pasca-PPKM ini, terlihat seperti orang yang kurang sehat.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu. Jadi, kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, nggak salah, Pak Gub, nggak salah, karena PPKM memang sudah dicabut,” ujar Jokowi, Kamis (23/2/2023).

Hal tersebut Jokowi sampaikan pada pengarahan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun, Jokowi tak melarang masyarakat yang tetap ingin mengenakan masker.

“Jadi apalagi di luar ruangan, itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan kalau ada yang pakai masker juga diperbolehkan, demi kesehatan,” ujar Jokowi.

Jokowi memberikan sejumlah arahan pada acara tersebut, salah satunya menggencarkan kegiatan ekonomi setelah PPKM resmi dicabut. Para gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah seluruh Indonesia turut hadir pada acara tersebut.

“Setelah PPKM dicabut, kita harapkan di 2023 ini konsumsi masyarakat, belanja masyarakat, akan mengalami kenaikan,” ujar Jokowi.

Komentar