oleh

Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Salah Anies? DPRD DKI Buka Suara

Graha Nusantara, Jakarta – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar memberikan komentarnya terkait proyek sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur yang Jokowi tinjau pada Selasa (24/1/23) kemarin.

Hasan menerangkan proyek tersebut adalah hasil kesepakatan penganggaran pada akhir masa jabatan Anies Baswedan ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Pak Heru adalah pelaksananya, tapi anggarannya kami setujui di zaman (periode terakhir) Pak Anies, anggaran yang berjalan sekarang ini sudah disusun tahun lalu,” ujar Hasan Basri, Selasa, 24 Januari 2023.

Hasan menerangkan  proyek tak dapat langsung berjalan ketika anggaran telah disepakati karena pembangunan yang didanai APBD tak dapat berlangsung secara instan.

Dirinya menerangkan terdapat sejumlah tahap mulai dari perencanaan anggaran, pencairan alokasi anggaran, hingga pelaksanaan.

“Proses pengerjaannya kan bertahap. Tapi mungkin sebelum ini, sudah ada pelaksanaannya hanya belum selesai saja, begitu,” terangnya.

Tetapi, Hasan tak dapat memberikan detail anggaran yang DPRD dan Pemprov DKI setujui untuk pengerjaan Proyek Sodetan Ciliwung tersebut. 

Sebelumnya, Jokowi merasa kaget dengan Proyek Sodetan Ciliwung yang telah enam tahun mangkrak kini telah tuntas.

Jokowi menyampaikan mangkraknya proyek tersebut karena pembebasan lahan. Kini permasalahan tersebut selesai hanya dalam waktu satu setengah bulan hingga proyek dapat berjalan sejauh ini.

Komentar