oleh

Peringati Hari Kesadaran Nasional, Pelinus Balinal Harap ASN Lebih Tingkatkan Pengabdian kepada Masyarakat

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Hari Kesadaran Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Januari setiap tahunnya, diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terus memupuk kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Untuk itu, Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal saat memperingati hari besar nasional tersebut menekankan agar peringatan ini bisa menjadi dorongan bagi segenap ASN untuk terus memompa semangat pengabdian terhadap masyarakat.

Menurutnya, tugas utama atau amanah tertinggi bagi seorang ASN tidak lain adalah mengabdi kepada masyarakat. Atas dasar alasan inilah mengapa upacara Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan oleh segenap ASN di Indonesia.

“Hari Kesadaran Nasional adalah peringatan bagi para ASN untuk mengingat kembali tugasnya sebagai pemangku amanah dari masyarakat. Untuk itu, tingkat pengabdian dan kecintaan kepada masyarakat dan tanah air harus juga meningkat. Saya rasa, jika ada alasan mendasar dari latar belakang ditetapkannya hari besar nasional ini, maka itu adalah upaya untuk terus membangun kesadaran bahwa masyarakat adalah yang utama,” tutur Pelinus, Selasa (17/01/2023).

Sedangkan dalam skala yang lebih luas, Pelinus juga menyebut bahwa Hari Kesadaran Nasional ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan kita tentang betapa pentingnya menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di daerah Puncak Papua yang memang acapkali terjadi konflik, lanjut Pelinus, menjadi lebih penting untuk membangun kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara secara lebih baik. Sebab, dengan cara ini juga diharapkan mampu untuk membuat masyarakat menghindari konflik merugikan sebab dilandasi perasaan persaudaraan dan persatuan.

“Maka peringatan ini tak hanya bermanfaat bagi para ASN, melainkan bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Sebab, cinta tanah air dan perasaan bangga atas identitas bangsa kita, adalah sikap yang mutlak harus dimiliki oleh setiap masyarakat dari Sabang hingga Merauke,” pungkasnya.

Komentar