oleh

Liga 2 2022 Resmi Berhenti!

Graha Nusantara, Jakarta – PSSI resmi menghentikan pertandingan Liga 2 2022. Keputusan tersebut diambil pada rapat Komite Eksekutif (Exco) di kantor PSSI, GBK Arena, Kamis (12/1/2023).

Menurut Sekjen PSSI Yunus Nusi, penghentian Liga 2 2022 disebabkan sejumlah faktor. Terdapat tiga faktor yang menjadi dasar pengambilan keputusan tersebut.

“Penghentian kompetisi ini merupakan permintaan dari klub sendiri. Lalu masalah infrastruktur yang tidak layak, dan terakhir adalah masalah perizinan dari kepolisian,” ujar Yunus Nusi.

Rencana awal, Liga 2 akan dilanjutkan setelah pagelaran Owner’s Club Meeting di akhir Desember 2022. Liga 2 direncakan berlanjut menyusul Liga 1 2022 pada saat itu.

Pada rencana sebelumnya, kick off Liga 2 akan bermula pada pertengahan Desember tetapi kemudian ditunda hingga Januari 2023 oleh PT LIB.

Mengacu ke rencana sebelumnya juga, Liga 2 akan kick off lagi mulai pertengahan Desember. Tapi PT LIB kemudian menundanya ke Januari 2023.

Berikut alasan Exco PSSI menghentikan Liga 2 2022:

1. Adanya permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tersebut tidak bisa dilanjutkan. Hal ini terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

2. Rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.

3. Perpol No. 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Rapat Exco turut memutuskan serta memberi perintah kepada PT.LIB guna memfasilitasi pembentukan operator baru dalam rangka pelaksanaan Liga 2. Rapat juga memutuskan bahwa Liga 1 akan terus berjalan dan tanpa adanya degradasi. Hal tersebut menyesuaikan tak berjalannya kompetisi Liga 2.

Komentar