oleh

Setiap Kecamatan di Jaktim Wajib Punya 200 Sumur Resapan, Ini Alasannya

Graha Nusantara, Jakarta – Seluruh kecamatan di Jakarta Timur wajib memiliki 200 sumur resapan. Hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) dalam mengatasi banjir. Kini 3000 lebih sumur resapan telah berdiri di Jakarta Timur.

“Saya sudah punya 3.000 lebih sekarang, yang dalam ya, sumur dalam beda sama sumur yang dibuat SDA. Yang saya aja 3.000 lebih. Jadi tahun lalu, 2022 satu kecamatan wajib membuat 200 sumur resapan yang dalam,” ujar Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, Rabu (4/1/2023).

Pemkot Jatim menargetkan setiap tahunnya terdapat penambahan dua ribu sumur resapan. Anwar menilai sumur resapan sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat di wilayah hulu.

“Bermanfaat untuk masyarakat terutama di daerah hulu, Cipayung, Ciracas, ya, Pasar Rebo, Kramat Jati, Makassar, karena air dari hulu ke hilir,” ucapnya.

Anwar menyinggung wilayah Panjaitan yang dahulunya banjir dan baru surut dua hari kemudian tetapi kini telah bebas dari banjir.

“Mungkin bisa lihat sekarang contohnya DI Panjaitan lah. Dulu kalau banjir satu meter loh bisa sehari-dua hari, tapi sekarang ini mana? Nggak ada kan Alhamdulilah,” ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan jika Jakarta Utara turut merasakan manfaat sumur resapan di Jakarta Timur yaitu adanya pengurangan genangan air.

“Kalau kita nggak tahan di sini, utara kasian contohnya Kelapa Gading sekarang kan nggak ada banjir, karena kita kendalikan,” ujarnya.

Anwar menegaskan pembuatan sumur resapan yang ada di Jakarta Timur telah melewati kajian dari sejumlah pakar. Kedalaman sumur resapan pun tak asal dibuat tetapi berdasarkan pada kontur tanah di setiap wilayah.

“Sumur resapan saya, saya ada kajian dari pakar-pakar ITB, ahli geologi, geodesi, ilmu tanah, permeable tanah di timur dan selatan masih memungkinkan diadakan sumur resapan,” terangnya.

“Sumur resapan per meter tergantung kontur tanahnya, di timur paling dalam 30 meter menggunakan pipa 4 inch bisa menyerap air dalam setengah jam 10 ribu liter contohnya Food Station sekarang sudah tidak banjir,” tambahnya.

Komentar