oleh

DPR akan Panggil BRIN dan BMKG Usai Berikan Informasi yang Berbeda

Graha Nusantara, Jakarta – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memberikan respok terkait perbedaan informasi yang BRIN dan BMKG sampaikan berkaitan dengan badai 28 Desember. Dasco menyampaikan jika komisi terkait akan memanggil keduanya.

Dasco melihat baik BRIN maupun BMKG memiliki tujuan yang sama yaitu memperingati masyarakat terkait cuaca ekstrem pada 28 Desember hingga 30 Desember.

“Sebenarnya kalau kita lihat semangat BRIN dan BMKG sama-sama mengingatkan masyarakat tentang perlunya kehati-hatian menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan ada di tanggal 28 sampai tanggal 30,” ujar Dasco, Rabu (28/12/22).

Menurut Dasco, pemanggilan kedua lembaga tersebut pertujuan untuk mensinkronkan data keduanya agar saling terintegrasi.

“Namun, biar bagaimanapun nanti, kita akan minta komisi teknis dalam hal ini yang membawahi BRIN dan BMKG untuk nanti memanggil dan mensinkronkan agar kedua lembaga ini bisa saling melakukan integrasi data sebelum kemudian melemparkan ke masyarakat. Sehingga masyarakat yang waswas karena cuaca itu tidak tambah waswas juga karena pernyataan yang mirip tapi agak berbeda,” terangnya.

Tak lupa, Dasco mengingatkan masyarakat agar mengantisipasi cuaca pada akhir tahun ini. Dirinya berharap masyarakat tak pergi ke wilayah rawan banjir jika tak memiliki aktivitas mendesak.

“Apabila memang terpaksa ke luar rumah, agar berhati-hati dan beraktivitas seperlunya. Dan hindari daerah-daerah yang dinyatakan rawan untuk adanya banjir dan sebagainya,” ujar Dasco.

Sebelumnya, BRIN dan BMKG sama-sama memberikan predisksi cuaca untuk tanggal 28 Desember 2022. Tetapi, informasi keduanya sedikit berbeda. Peneliti BRIN mengungkapkan jika pada tanggal 28 Desember 2022 memiliki potensi hujan badai dahsyat. Sementara BMKG menyampaikan jika hanya akan terjadi hujan lebat.

Komentar