Dinyatakan Negatif, Lima ODP di Rumah Sehat Jakabaring di Pulangkan

Graha Nusantara – Lima orang pendatang domestik di Bandara SMB II Palembang yang sempat menjalani pemeriksaan di ODP Center atau Rumah Sehat Covid-19 di Jakabaring, akhirnya dipulangkan ke kediamannya masing-masing, Jum’at (3/4) pagi.

Juru bicara Gugus Tugas penanganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, lima orang tersebut merupakan sisa dari 72 orang yang sempat dibawa ke rumah sehat Jakabaring pada 1 April 2020 lalu.

Menurutnya, lima orang tersebut sebelumnya sengaja belum diperbolehkan pulang lantaran kelima orang tersebut memiliki riwayat batuk dan demam.

“Sebelumnya mereka memang memiliki riwayat batuk dan demam. Sebab itulah mereka kita lakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah mereka terjangkit Covid-19 atau tidak,” kata Yusri.

Namun, lanjutnya, setelah dilakukan rapid tes, kelima orang tersebut dinyatakan negatif Covid-19. Hal itu didukung juga oleh riwayat perjalanan kelimanya.

“Mereka juga tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah yang terpapar. Hasil rapid test juga negatif dan mereka dinyatakan sehat,” terangnya.

Dengan kata laini, kelima orang tersebut saat ini telah bebas dari status ODP.

“Mereka tidak berstatus ODP karena memang bukan dari zona merah dan tidak pernah berinteraksi dengan orang yang terjangkit,” pungkasnya. (gn.n)