oleh

Menko PMK Anggap Kondisi Indonesia Sudah Siap Tak Terapkan PPKM Lagi

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat memberikan sebuah sinyal berkaitan dengan penhentian PPKM pada akhir tahun 2022 ini. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menganggap kondisi Indonesia kini telah siap untuk penghentian PPKM.

“Kita tinggal nunggu perintah saja dari Bapak Presiden, tapi secara persiapan insyaallah sudah siap,” ujar Muhadjir di Hotel Borobudur, Rabu (12/21/2022).

Muhadjir menyampaikan jika Indonesia secara de facto tidak lagi berada pada masa pandemi Covid-19. Berkaitan dengan penetapan berakhirnya pandemi merupakan keputusan dari WHO.

“Ini sebetulnya kan selalu saya katakan bahwa de facto kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi. Ini tinggal karena untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu kan keputusan dari WHO, bukan dari kita ya,” ujar Muhadjir.

“WHO itu kan, tentu saja kita akan mematuhi regulasi yang ditetapkan WHO karena itu kesepakatan internasional ya. Tetapi bukan berarti kita tidak boleh melakukan tindakan-tindakan, termasuk pengambilan keputusan yang memang dipandang sudah tepat, yang agak berbeda dengan WHO,” tambahnya.

Menurut Muhadjir, kini masyarakat Indonesia tak lagi menerapkan PPKM dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, dirinya tetap meminta seluruh pihak untuk tetap waspada.

“Sehingga kita tentu saja tetap harus waspada karena ternyata kan juga varian-varian baru terus bermunculan kan walaupun varian baru itu sudah terbukti tidak seganas dan tidak semematikan dari varian yang awal-awal ya, tetapi juga bukan berarti kita lengah. Jadi sebetulnya praktik sehari-hari kita ini kan juga sudah, sudah, sudah tidak ada PPKM ya kan gitu. Jadi saya dukung, dukung arahan Pak Presiden,” sambungnya.

Disisi lain, Jokowi masih menunggu kajian dari Menko untuk membuat keputusan mengenai penghentian PPKM.

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM, itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya,” ujar Jokowi.

Jika keputusan telah keluar maka penetapan penghentian PPKM dapat Jokowi buat. Presiden Indonesia ini berharap keputusan presiden tersebut dapat keluar pada akhir tahun ini.

“Sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini,” tutur Jokowi.

Komentar