Jokowi Resmi Lantik Panglima TNI Baru!

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru. Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada Senin (19/12/2022).

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tanggal 19 Desember 2022 menjadi dasar pelantikan panglima TNI baru.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Yudo.

Pada saat pengambilan sumpah, Yudo menyampaikan akan menjunjung tinggi etika jabatan serta menjalankan tugas sebagai seorang panglima TNI.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Yudo.

Acara pelantikan serta pengambilan sumpah ini turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sedangkan hadir sebagai saksi yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hadir sebagai saksi pada pelantikan ini.

Selain itu, sejumlah pihak turut menghadiri acara ini yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun, Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, hingga Panglima TNI sebelumnya Jenderal TNI Andika Perkasa.

Diketahui, Yudo Margono merupakan seseorang kelahiran Madiun, 26 November 1965. Pada tahun 1988 dirinya lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Sebelum menjabat sebagai panglima TNI dirinya merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Komentar