oleh

Tak Hanya Kenang Pahlawan, Pelinus Balinal Sebut Hari Bela Negara 2022 sebagai Momentum Pupuk Patriotisme dan Nasionalisme Kaum Muda

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember. Pada tahun 2022 kali ini, Hari Bela Negara sudah mencapai peringatannya yang ke-74 (merujuk pada merujuk pada peristiwa agresi militer Belanda jilid 2 dan terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tahun 1948).

Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal menyebut peringatan ini selain berfungsi untuk mengenang jasa para pahlawan terdahulu yang telah mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga bisa dilihat sebagai upaya negara untuk terus memupuk semangat kebangsaan serta kecintaan kepada Indonesia, utamanya bagi kaum muda.

Sebagai generasi penerus, lanjut Pelinus, para pemuda tentunya harus mampu merefleksikan spirit patriotisme dan nasionalisme yang telah dicontohkan oleh para pahlawan Tanah Air. Kendati konteks perjuangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini berbeda dari zaman pra atau pasca kemerdekaan, tetapi spirit berupa patriotisme dan nasionalisme, menurut Pelinus, tidak terbatas tempat dan waktu.

“Peringatan Hari Bela Negara tahun 2022 ini, bagi saya, selain untuk mengenang jasa dan pengabdian para pahlawan yang berjuang demi bangsa dan Tanah Air Indonesia, juga harus mampu membakar semangat para pemuda untuk memupuk patriotisme dan nasionalisme. Medan dan model perjuangan boleh berbeda, tetapi sikap patriotis dan nasionalis mutlak harus ditumbuhkan,” ujar Pelinus, Senin (19/12/2022).

Sesuai dengan tema Hari Bela Negara tahu ini, yaitu “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku!”, Pelinus menekankan bahwa peringatan ini memang dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Rasa cinta dan bangga ini akhirnya terwujud dalam ragam ekspresi. Sebagai misal, dalam konteks pemuda, mereka bisa terus berkarya dengan juga memasukkan unsur-unsur yang khas Indonesia, entah itu budaya atau nilai luhur yang ada di Indonesia.

“Intinya adalah bagaimana kita memupuk rasa cinta dan bangga kita terhadap Indonesia, sebab dengan cara itulah akan lahir perasaan memiliki dan tak segan untuk membela Tanah Air kita. Dan hal ini adalah kewajiban bagi seluruh warga negara di Indonesia. Jangan tanyakan apa yang negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk Negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara!” pungkas Pelinus.

Komentar