oleh

BRIN Tegaskan Narasi Tak Boleh Keluar Rumah pada 21 Desember 2022 adalah HAOX!

Graha Nusantara, Jakarta – Solstis kini ramai menjadi perbincangan di berbagai media sosial. solstis menjadi penyebab dari imbauan yang meminta warga untuk tidak keluar rumah pada 21 Desember 2022. Pusat Riset Antariksa BRIN pun menegaskan jika hal tersebut adalah hoax.

“Secara umum, solstis berdampak pada gerak semu harian Matahari ketika terbit, berkulminasi dan terbenam; intensitas radiasi Matahari yang diterima permukaan Bumi; kemudian berdampak pada panjang siang dan panjang malam; serta berdampak ke pergantian musim,” tulis Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi P pada laman Instagram @prantariksa_brin, Minggu (18/12/2022).

Andi menerangkan jika dampak solstis yang dapat manusia rasakan tak seekstrem seperti narasi-narasi yang beredar. Selain itu, solstis juga tidak berkaitan dengan berbagai bencana alam seperti letusan gunung api hingga tsunami.

“Dampak solstis yang dirasakan oleh manusia tentu tidak seekstrem yang dinarasikan seperti pada imbauan yang disinformatif dan menyesatkan. Sekalipun di hari terjadi solstis ini terjadi letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami maupun banjir rob, fenomena-fenomena tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan solstis dikarenakan solstis merupakan fenomena murni astronomis yang juga dapat memengaruhi iklim dan musim di Bumi,” terangnya.

“Sedangkan fenomena-fenomena tersebut disebabkan oleh masing-masing dari aktivitas vulkanologis, seismik, oseanik dan hidrometeorologi,” sambungnya.

BRIN menghimbau masyarakat dapat menyeleksi berbagai informasi yang beredar sehingga tak mudah percaya dengan kabar-kabar seperti ini. BRIN juga berharap masyarakat dapat mengedukasi diri dengan informasi yang diperoleh dari sumber-sumber terpercaya.

“Jika #KawanBRIN menemukan berita maupun imbauan yang berasal dari pihak yang belum tentu jelas kebenarannya dan kurang dapat dipercaya, dimohon untuk tidak mudah percaya begitu saja, dan berhenti menyebarkan berita/imbauan tersebut, juga dapat mengedukasi sekaligus meluruskan berita/imbauan tersebut dari pihak yang terpercaya,” ucapnya.

Komentar